Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan
Joko Sunaryo, - and Rusiyanto, FT Pendidikan Teknik Mesin (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16 (1). pp. 15-20. ISSN 1412- 1247
PDF
- Published Version
Download (106kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelja�ran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pre test – post test control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TP SMK Bhina Tunas Bangsa berjumlah 97 peserta didik pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive rndom sampling. Hasil penelitian menun�jukkan rata-rata hasil belajar post test thitung=3.67< ttabel= 1.67. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka ke�las eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar pre test kelas eksperimen 62.23 dan kelas kontrol 64.31. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 82.19, sedangkan kelas kontrol 75.73. Kesimpulan penelitian sebagi berikut 1) Rata-rata hasil belajar pre test pada kedua kelas relatif sama; 2) Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 84.20 sedangkan kelas kontrol 77.31; 3) Kedua kelas terjadi peningkatan yang signifikan; 4) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48518 |
Actions (login required)
View Item |