Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan


Joko Sunaryo, - and Rusiyanto, FT Pendidikan Teknik Mesin (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16 (1). pp. 15-20. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan.pdf] PDF - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Review Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan.pdf] PDF - Published Version
Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelja�ran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pre test – post test control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TP SMK Bhina Tunas Bangsa berjumlah 97 peserta didik pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive rndom sampling. Hasil penelitian menun�jukkan rata-rata hasil belajar post test thitung=3.67< ttabel= 1.67. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka ke�las eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar pre test kelas eksperimen 62.23 dan kelas kontrol 64.31. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 82.19, sedangkan kelas kontrol 75.73. Kesimpulan penelitian sebagi berikut 1) Rata-rata hasil belajar pre test pada kedua kelas relatif sama; 2) Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 84.20 sedangkan kelas kontrol 77.31; 3) Kedua kelas terjadi peningkatan yang signifikan; 4) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:21
Last Modified: 19 Jan 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48518

Actions (login required)

View Item View Item