PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS STEM PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SISTEM KEMUDI DAN POWER STEERING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEUKU UMAR SEMARANG


Derizka Ayu Rahmawati, 5202416053 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS STEM PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SISTEM KEMUDI DAN POWER STEERING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS  STEM PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT  SISTEM KEMUDI DAN POWER STEERING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEUKU UMAR SEMARANG] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS STEM PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SISTEM KEMUDI DAN POWER STEERING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEUKU UMAR SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat untuk menyampaikan pesan dan materi yang akan diajarkan kepada siswa. Saat ini media pembelajaran yang digunakan dalam sekolah sangat beragam baik media pembelajaran secara visual maupun audio seperti buku, modul, jobsheet dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas XI TKRO SMK Teuku Umar Semarang, kurang adanya media pembelajaran pendukung untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis STEM pada hasil belajar siswa. Modul yang dikembangkan merupakan modul yang berisi materi mengenai sistem kemudi dan power steering dengan dipadukan dengan 4 disiplin ilmu yaitu Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Model yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKRO SMK Teuku Umar Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis STEM kompetensi dasar sistem kemudi dan power steering layak digunakan. Dibuktikan dengan hasil dari ahli media 79,37% dan 88,79% dari ahli materi. Selain itu terdapat peningkatan belajar siswa yang diperoleh dari uji N-Gain dengan nilai 0,396 dan masuk dalam kategori peningkatan sedang. Tanggapan siswa terhadap modul berbasis STEM dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul STEM, hasil belajar, sistem kemudi, power steering
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
L Education > L Education (General) > learning activity
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:32
Last Modified: 18 Jan 2022 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48490

Actions (login required)

View Item View Item