PERBEDAAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA YANG TINGGAL DEKAT LOKALISASI DAN YANG JAUH DARI LOKALISASI (Studi Kasus di Desa Depok dan Desa Ngrandah Kabupaten Grobogan)


Hikmah Ayu Isnadia, 6411416127 (2021) PERBEDAAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA YANG TINGGAL DEKAT LOKALISASI DAN YANG JAUH DARI LOKALISASI (Studi Kasus di Desa Depok dan Desa Ngrandah Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA  YANG TINGGAL DEKAT LOKALISASI DAN YANG JAUH  DARI LOKALISASI  (Studi Kasus di Desa Depok dan Desa Ngrandah Kabupaten Grobogan)] PDF (PERBEDAAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA YANG TINGGAL DEKAT LOKALISASI DAN YANG JAUH DARI LOKALISASI (Studi Kasus di Desa Depok dan Desa Ngrandah Kabupaten Grobogan)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, dimana memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan masa pencarian jati diri yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Remaja yang tinggal di lingkungan lokalisasi terbiasa dengan paparan perilaku seksual yang bebas. Kasus HIV/AIDS cenderung meningkat setiaptahunnya di Kabupaten Grobogan, jumlah kasus kumulatif sampai dengan 2019 sebanyak 615 kasus HIV dan 647 kasus AIDS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku seksual pranikah remaja yang tinggal dekat lokalisasi dan yang jauh dari lokalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 215 untuk desa yang dekat lokalisasi dan 172 untuk desa yang jauh dari lokalisasi dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dengan uji alternatifnya uji Fisher dan uji T Tidak Berpasangan dengan uji alternatifnya uji Mann Whitney. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku seksual pranikah (p value = 0,000), pengetahuan tentang kesehatan reproduksi (p value = 0,004) dan kontak dengan lokalisasi (p value = 0,000) antara remaja desa yang dekat lokalisasi dan yang jauh dari lokalisasi. Saran penelitian ini adalah memberikan pendidikan tentang kesehatan reproduksi kepada remaja serta memberikan pengawasan yang serius terhadap pergaulan remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dekat dari Lokalisasi, Jauh dari Lokalisasi, Perilaku Seksual Pranikah, Remaja
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:01
Last Modified: 18 Jan 2022 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48487

Actions (login required)

View Item View Item