PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI JAMUR


Nisrina Khairunisa, 4401414079 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI JAMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED  DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS  DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI  JAMUR] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI JAMUR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada abad XXI tidak hanya fokus untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun juga difokuskan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan siswa. Salah satunya mengembangkan keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Guided discovery merupakan salah satu model pembelajaran yang disarankan agar siswa dapat memiliki keterampilan�keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil capaian keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi jamur. Pada Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian One Grup Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 8 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada penelitian ini menunjukkan hasil observasi pada tiap aspeknya memperoleh kriteria sangat baik pada dua kelas eksperimen. Hasil kemampuan berpikir kreatif siswa telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu sebesar 94,36% dengan jumlah siswa yang tuntas 67 siswa dari 71 sampel. Peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif memiliki peningkatan dengan skor N-gain sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan capaian keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Guided Discovery, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kreatif, materi jamur
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:52
Last Modified: 18 Jan 2022 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48484

Actions (login required)

View Item View Item