PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN SAWAH UNTUK BUDIDAYA BIBIT DURIAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI DI DESA ALASMALANG


Iis Purwaningsih, 3201416058 (2021) PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN SAWAH UNTUK BUDIDAYA BIBIT DURIAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI DI DESA ALASMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN SAWAH UNTUK BUDIDAYA  BIBIT DURIAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI  DI DESA ALASMALANG] PDF (PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN SAWAH UNTUK BUDIDAYA BIBIT DURIAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PETANI DI DESA ALASMALANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pemanfaatan lahan sawah untuk budidaya bibit durian di desa Alasamalang sedang marak terjadi dikalangan para petani. Banyak petani yang mengubah lahan mereka dengan harapan memperoleh pendapatan yang lebih besar daripada menanam padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong perubahan pemanfaatan lahan sawah dari pertanian padi menjadi budidaya bibit durian, mengetahui pengelolaan lahan sawah untuk budidaya bibit durian dan menganalisis perolehan pendapatan petani dari perubahan pemanfaatan lahan sawah serta mengetahui tingkat kesejahteraan petani di Desa Alasmalang Kecamatan Kemranjen. Sampel pada penelitian ini sejumlah 57 petani durian teknis yang diambil menggunakan proportional random sampling. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner/angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier berganda dan revenue cost ratio (analisis R/C). Hasil penelitian menunjukkan faktor pendorong perubahan pemanfaatan lahan sawah untuk budidaya bubit durian di Desa Alasmalang dipengruhi adanya modal dengan presentase 17 %, melihat petani lain yang berhasil dengan presentase 16 % dan lahan yang subur dengan presentase 15 %. Hasil perhitungan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa seluruh variabel dalam penelitian ini secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan. Hasil perhitungan revenue cost ratio menunjukan bahwa setiap Rp.1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 9. Tingkat kesejahteraan petani mengalami peningkatan 21 %. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perubahan pemanfaatan lahan sawah untuk budidaya bibit durian berpengaruh terhadap tingkat pendapatan dan kesejahteraan petani. Saran dari penelitian ini adalah bagi para petani, dalam kegiatan budidaya bibit durian hendaknya melakukan pembesaran bibit sampai 1 meter saja dengan demikian akan mengurangi kerusakan lahan sawah akibat pendongkelan yang dilakukan. Bagi Pemerintah Daerah sebaiknya melakukan promosi mengenai potensi durian di Kecamatan Kemranjen dan memberi penyuluhan kepada petani terkait teknologi pertanian pada budidaya bibit durian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lahan, Pertanian Durian, Pendapatan Petani, Tingkat Kesejahteraan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
S Agriculture > S Agriculture (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:42
Last Modified: 18 Jan 2022 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48483

Actions (login required)

View Item View Item