PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD KE-21 PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Lu’lu’ Jauharatul Maknunah, 4201416050 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD KE-21 PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD KE-21 PADA MATERI GELOMBANG BUNYI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan di abad ke-21 menuntut seseorang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang kompeten, salah satunya adalah keterampilan belajar dan inovasi abad ke-21 atau keterampilan 4C yang meliputi critical thinking, creativity, communication, dan collaboration. Pengembangan keterampilan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan suatu pendekatan, salah satunya adalah pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis STEM dan menganalisis pengembangan keterampilan belajar abad ke-21 setelah penerapan pembelajaran berbasis STEM pada materi gelombang bunyi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Dempet tahun pelajaran 2019/2020 kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik yang digunakan pada pengambilan sampel adalah purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, homogenitas, normalitas, analisis lembar observasi, analisis angket respon siswa, dan uji peningkatan (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan STEM pada penelitian ini dilakukan dengan mengintegrasikan aspek-aspek STEM melalui perangkat dan kegiatan pembelajaran. Hasil analisis respon siswa terhadap pembelajaran fisika berpendekatan STEM menunjukkan bahwa berdasarkan sudut pandang siswa pendekatan STEM efektif diterapkan untuk mengembangkan keterampilan 4C, minat, maupun pengetahuan, (2) keterampilan 4C siswa setelah penerapan pembelajaran fisika berpendekatan STEM mengalami perkembangan yang terlihat dari adanya peningkatan nilai N-gain pada kategori sedang untuk keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kategori tinggi untuk keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Simpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah pembelajaran fisika berpendekatan STEM dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan belajar abad ke-21 siswa. Saran berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adalah penelitian selanjutnya diharapkan (1) mampu menerapkan pendekatan STEM untuk mengembangkan indikator-indikator keterampilan 4C yang belum dikembangkan pada penelitian ini, dan (2) dapat menggunakan model pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEM, Keterampilan Belajar Abad ke-21, Gelombang Bunyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning style L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:55 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48477 |
Actions (login required)
View Item |