KATAK SEBAGAI SUBYEK DALAM SENI LUKIS BATIK


Hana Puji Asuti, 2411413038 (2021) KATAK SEBAGAI SUBYEK DALAM SENI LUKIS BATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KATAK SEBAGAI SUBYEK DALAM SENI LUKIS BATIK] PDF (KATAK SEBAGAI SUBYEK DALAM SENI LUKIS BATIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proyek studi ini berjudul Katak sebagai Subyek dalam Seni Lukis Batik. Selain sebagai syarat untuk menyelesaikan studi Strata satu (S1), kegiatan proyek studi ini dijadikan penulis sebagai sarana berekspresi dan menuangkan ide dalam berkarya seni lukis batik. Penulis menggunakan penggabungan teknik dari seni lukis dan seni batik ke dalam proyek studi ini, sehingga mengembangkan corak ciri khas dan gaya pribadi untuk menghadirkan keindahan pada setiap karya yang dibuat. Media yang digunakan penulis adalah media batik, berupa bahan seperti (pewarna jenis napthol, soda abu, dan kain primisima). Sedangkan alat yang digunakan berupa, (pensil, penggaris, canting, kuas berbagai ukuran, wajan kecil, kompor kecil, gawangan, tusuk bambu untuk mentursir). Secara keseluruhan teknik dalam berkarya seni lukis ini sama halnya dengan proses membuat batik tulis pada umumnya yaitu tutup celup (resist dyeing), secara teknik yang membedakan hanya hasil dari karya yang diciptakan lebih mengekspos iseb batik cecekan yang membangun gelap terang sehingga membentuk figur katak. Proporsi figur katak digambarkan dengan ukuran yang lebih besar, dengan tujuan menjadikan subyek katak sebagai point of interest dari lukisan. Proses pembuatan karya meliputi visualisasi ide dalam bentuk sket dan desain. Selain itu penulis melakukan proses pemindahan desain pada kain dengan cara menyorotkan lampu dibawah meja kaca. Penulis dalam proyek studi ini menghasilkan delapan karya, disimbolkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kegelisahan penulis baik yang bersinggungan langsung dari dalam diri penulis maupun dari masalah yang terjadi di sekitar lingkunganya. Karya-karya tersebut berjudul Tunas-tunas Muda, Bersama Kawan, Kehidupan (Katak), Proses Pencapaian, Tawa & Derita, Congkak, Bergantung, Mendidik. Delapan karya dalam proyek studi ini hanya menggunakan warna hijau monokromatis dan putih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Batik, Katak sebagai Subyek, Seni Lukis.
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:58
Last Modified: 18 Jan 2022 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48475

Actions (login required)

View Item View Item