HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN


Hanindita Meilyana, 1301416021 (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN  MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEMANDIRIAN  BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU  PENDIDIKAN] PDF (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dasar dilakukannya penelitian ini dari fenomena kemandirian belajar (self directed learning) pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2017- 2020.Studi pendahuluan yang dilakukan dengan angket menujukkan tidak semua mahasiswa memiliki kesadaran untuk melakukan belajar secara mandiri jika dikategorikan termasuk dalam kategori sedang. Kemandirian belajar merupakan kegiatan yang penting untuk kesuksesan akademik mahasiswa karena sistem pembelajaran kampus menuntut keaktifan mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan manajemen waktu dengan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 320 mahasiswa dari 6 jurusan. Alat pengumpul data menggunakan skala dukungan sosial, skala manajemen waktu, skala kemandirian belajar. Teknik analisis data penelitiannya analisis deskriptif dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menujukan (1) adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dan kemandirian belajar, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu dan kemandirian belajar, (3) ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dan manajemen waktu dengan kemandirian belajar. Kesimpulannya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi kemandirian belajar, semakin tinggi manajemen waktu maka semakin tinggi kemandirian belajar, dan semakin tinggi dukungan sosial dan manajemen waktu maka semakin tinggi kemandirian belajar. Merujuk dari hasil penelitian penulis menyarankan agar pusat pengembangan karir dan bimbingan konseling dan guru bimbingan konseling di sekolah memberikan dorongan dan informasi untuk lebih menerapkan kemandirian belajar, dukungan sosial dan manajemen waktu agar menjadi mahasiswa yang pintar, mampu bersosialisasi dan bersaing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial; kemandirian belajar; manajemen waktu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:56
Last Modified: 18 Jan 2022 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48466

Actions (login required)

View Item View Item