PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI SMA NEGERI 1 GODONG


Indria Astuti, 3401416059 (2021) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI SMA NEGERI 1 GODONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI SMA NEGERI 1 GODONG] PDF (PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI SMA NEGERI 1 GODONG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 diterapkan SMA Negeri 1 Godong pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan penilaian autentik sebagai standar penilaian, salah satunya dalam mata pelajaran Sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial dalam masyarakat di SMA Negeri 1 Godong, kendala pelaksanaan penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial dalam masyarakat di SMA Negeri 1 Godong, dan upaya guru mengatasi kendala pelaksanaan penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial dalam masyarakat di SMA Negeri 1 Godong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, berlokasi di SMA Negeri 1 Godong. Informan penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sosiologi sebagai informan utama, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Pembelajaran Konstruktivistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial dalam masyarakat di SMA Negeri 1 Godong belum berjalan sesuai dengan standar penilaian autentik. Standar penilaian autentik dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik, dan pelaporan penilaian autentik. Kendala penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 adalah guru kesulitan dalam pengambilan penilaian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis online dan siswa kesulitan mengakses aplikasi belajar online. Upaya guru dalam mengatasi kendala penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 dengan memberi motivasi belajar, berdiskusi dengan guru lain mengenai penilaian online yang efektif, dan mengikuti pelatihan untuk mengembangkan kompetensi guru. Saran dalam penelitian ini adalah bagi sekolah, perlu menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi belajar berbasis online. Bagi guru, seharusnya dalam membuat materi dan tugas bersifat mengembangkan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Bagi siswa, seharusnya siswa dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Penilaian Autentik, Sosiologi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:43
Last Modified: 18 Jan 2022 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48463

Actions (login required)

View Item View Item