DETERMINAN PENERIMAAN PPH FINAL DI KPP PRATAMA PEKALONGAN


Choirul Liza, 7111416072 (2021) DETERMINAN PENERIMAAN PPH FINAL DI KPP PRATAMA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PENERIMAAN PPH FINAL DI KPP PRATAMA PEKALONGAN] PDF (DETERMINAN PENERIMAAN PPH FINAL DI KPP PRATAMA PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan UMKM di Kota Pekalongan mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Hal ini diikuti dengan penerimaan PPh Final atau yang dikenal dengan Pajak UMKM selalu menjadi penerimaan tertinggi di KPP Pratama Pekalongan pada setiap tahunnya. Kondisi teresebut patut dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan dengan memaksimalkan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan PPh Final sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah wajib pajak yang membayar, inflasi, dan investasi terhadap penerimaan PPh Final di KPP Pratama Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif kuantiatif. Penelitian ini menggunakan studi data time series dalam jangka waktu 5 tahun dari tahun 2014 – 2019. Data yang digunakan yatu data sekunder dalam bentuk data bulanan dari bulan Januari 2014 – Desember 2019. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda model logaritma dengan menggunakan bantuan software Eviews 9. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan; KPP Pratama Pekalongan; Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan; dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah wajib pajak yang membayar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan PPh Final di KPP Pratama Pekalongan, inflasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan PPh Final di KPP Pratama Pekalongan, dan investasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan PPh Final di KPP Pratama Pekalongan. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya membayar pajak dan fungsi penerimaan pajak serta pemeriksaan pajak terhadap wajib pajak khususnya wajib pajak tertentu (WP UMKM), pelaksanaan pasar murah dalam rangka mengendalikan inflasi harus terus dilakukan agar perekonomian masyarakat dapat tertolong meskipun inflasi di Kota Pekalongan sedang berada pada titik tertinggi, dan meningkatkan pelayanan sistem informasi digital melalui Online Single Submission (OSS) dari pemerintah pusat yang diterapkan di setiap daerah sehingga mempermudah investor untuk berinvestasi di Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan PPh Final, Jumlah Wajib Pajak yang Membayar PPh Final, Inflasi, Investasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:27
Last Modified: 17 Jan 2022 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48459

Actions (login required)

View Item View Item