SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PENGGUNA FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DITINJAU DARI GENDER


Anindyas Pantarisna, 1511416092 (2021) SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PENGGUNA FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DITINJAU DARI GENDER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PENGGUNA FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM  DITINJAU DARI GENDER] PDF (SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PENGGUNA FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DITINJAU DARI GENDER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh masyarakat luas khususnya mahasiswa. Banyak fitur yang ada di dalamnya, sehingga membuat pengguna tertarik untuk menggunakan media sosial instagram. Penggunaan media sosial instagram biasanya mengunggah suatu foto atau video atau bahkan membagikan informasi berupa tulisan yang bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana dan apa yang sedang dilakukan pengguna instagram. Hal tersebut berkaitan dengan self disclosure pada pengguna media sosial instagram. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengguna media sosial instagram melakukan self disclosure yaitu gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 (N=340). Dengan pembagian subjek, 171 mahasiswa laki-laki dan 169 mahasiswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan skala self disclosure yang terdiri dari 39 item yang valid dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,882. Teknik analisis yang digunakan yaitu Wilcoxon Mann Whitney U-Test. Hasil penelitain menunjukkan z = -2,812 dengan sign sebesar 0,005, hal itu berrarti terdapat perbedaan self disclosure pada mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self disclosure, instagram, gender.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:06
Last Modified: 17 Jan 2022 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48455

Actions (login required)

View Item View Item