PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SDN PENGEMPON 01 KEBUMEN


Yogi Agung Prasetyo, 1401416027 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SDN PENGEMPON 01 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SDN PENGEMPON 01  KEBUMEN] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SDN PENGEMPON 01 KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA di SD/MI hendaknya menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengalaman belajar menggunakan media inovatif. Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SDN Pengempon 01 Kebumen, sesuai dengan standar proses pendidikan di Indonesia namun belum optimal. Berdasarkan arsip nila PTS mata pelajaran IPA menunjukkan nilai rata-rata yang belum maksimal yaitu sebanyak 20 siswa memiliki presentase perolehan nilai sebesar 45% (9 siswa) memperoleh nilai di bawah KKM dan 55% (11 siswa) dapat melampaui KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pengembangan multimedia interaktif flash berbasis contextual teaching and learning materi sistem pernapasan pada manusia layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pengempon 01 Kebumen ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Adobe Flash CS6, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Langkah pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produksi massal (Sugiyono, 2016:35-39). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kusioner, data dokumentasi, pretest, dan posttest. Hasil penelitian persentase penilaian kelayakan media interaktif flash berbasis contextual teaching and learning yang didesain dengan beberapa slide menu, yang terdiri dari (1) halaman pembuka, (2) halaman awal, halaman daftar pustaka, menu kompetensi dasar, menu panduan, (3) menu utama, (4) menu materi, (5) menu video, (6) menu evaluasi, dan (7) menu bidota profil dari ahli materi sebesar 85% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 81,5% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan N-gain sebesar 0,5729 dengan kriteria sedang. Persentase tanggapan siswa sebesar 92,7% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase tanggapan guru sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar IPA kelas V SDN Pengempon 01 Kebumen sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Saran bagi guru sebaiknya mengoptimalkan dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih bervariatif guna penunjang belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, IPA, Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:47
Last Modified: 17 Jan 2022 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48451

Actions (login required)

View Item View Item