HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA AWAL DI SMPN 1 PENAWANGAN


Ridh Rizky Putri, 1511416070 (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA AWAL DI SMPN 1 PENAWANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN  KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA AWAL DI  SMPN 1 PENAWANGAN] PDF (HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA AWAL DI SMPN 1 PENAWANGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang dikenal dengan masa badai dan tekanan (strom and stress). Ketidakstabilan emosi dalam menghadapi ketidaknyamanan seringkali memunculkan emosi yang tidak terkendali, sehingga dalam pengambilan keputusan atau menyelesaikan suatu masalah kerap kali remaja menggunakan kekerasan atau konflik. Oleh karena itu, remaja perlu memiliki kecerdasan emosi yang baik agar mampu mengendalikan emosi dengan baikpula. Kecerdasan emosi yang baik tidak lepas dari peran dukungan sosial orang tua yang baik pula. Ketika orang tua memberikan dukungan berupa fisik maupun psikis secara penuh maka akan membentuk kecerdasan emosi yang baik pula pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kecerdasan emosi dan dukungan sosial orang tua pada siswa SMP Negeri 1 Penawangan dan menguji hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kecerdasan emosi pada siswa SMP Negeri 1 Penawangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian diambil dengan teknik insidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala, skala kecerdasan emosi, dan skala dukungan sosial orang tua. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi spearman. Hasil perhitungan menggunakan analisis korelasi spearman menunjukkan hubungan yang signifikan secara statistik antara dukungan orang tua dengan kecerdasan emosi, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,808 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana p < 0,001. Selain itu gambaran kecerdasan emosi yang dimiliki siswa SMP Negeri 1 Penawangan berada pada kategori tinggi yaitu 88,84 % dengan mean empiris 153,2275. Aspek yang paling berkontribusi terhadap tinggi rendahnya kecerdasan emosi adalah aspek kesadran diri dengan mean empiris 36,2318. Kemudian , gambaran dukungan orang tua pada siswa SMP Negeri 1 Penawangan berada pada kategori tinggi yaitu 85,84% mean empiris sebesar 177,0558. Aspek yang paling berkontribusi terhadap tinggi rendahnya dukungan orang tua adalah aspek dukungan instrumental dengan mean empiris 48,2017.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi, Dukungan Orang Tua, Remaja, Keluarga.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:20
Last Modified: 17 Jan 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48443

Actions (login required)

View Item View Item