DAMPAK GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS: BANG BANG” TERHADAP CARA PANDANG, SIKAP, DAN PERILAKU PENGGUNANYA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DAN SOSIALNYA


Kharisma Ghana Tawakal, 1102416068 (2021) DAMPAK GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS: BANG BANG” TERHADAP CARA PANDANG, SIKAP, DAN PERILAKU PENGGUNANYA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DAN SOSIALNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DAMPAK GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS:  BANG BANG” TERHADAP CARA PANDANG, SIKAP,  DAN PERILAKU PENGGUNANYA DALAM  AKTIVITAS BELAJAR DAN SOSIALNYA] PDF (DAMPAK GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS: BANG BANG” TERHADAP CARA PANDANG, SIKAP, DAN PERILAKU PENGGUNANYA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DAN SOSIALNYA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi yang semakin luas dan berkembang didukung oleh adanya internet. Internet dahulu hanya dapat diakses melalui komputer, namun kini dengan mudah dapat diakses via smartphone. Smartphone memiliki beragam fitur dan aplikasi, salah satunya adalah game online. Di Indonesia game online biasa didominasi dari kalangan pelajar, game yang dimainkan yaitu Mobile Legends: Bang Bang yang sedang masyhur akhir-akhir ini. Namun disisi lain ketika frekuensi bermain game tinggi dikhawatirkan cara pandang, sikap, dan perilaku pemain dapat berubah. Rumusan masalah meliputi cara pandang, sikap, dan perilaku pengguna game MLBB terhadap pergaulan sosial dan pembelajaran dan dampaknya terhadap aktivitas belajar. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan menggali data berdasarkan pengalaman siswa SMP Negeri 39 Semarang secara langsung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Subjek penelitian ini yaitu tiga siswa, guru mata pelajaran IPS, guru wali kelas, dan guru BK. Akurasi data diperoleh menggunakan metode triangulasi dengan sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat dua pandangan menurut siswa dan guru. Hasil menurut siswa terkait cara pandang: Cara pandang pandang siswa tidak berubah. Sikap: sikap siswa tidak berubah dan kurang menghormati orang tua. Perilaku: perilaku terkontrol dan tidak mudah emosi dan mudah emosi dan berkata kotor. Hasil menurut guru yakni, cara pandang: kurang menghargai guru, lambat dalam pelajaran, memilih teman sefrekuensi, kurang terbuka dan sulit bergaul, individual dan egois, tidak berminat dalam pendidikan, dan tidak fokus dalam pelajaran. Sikap: menyepelekan pelajaran, cuek dan tidak peduli sekitar, malas merespon guru, pemalu dan pendiam, dan tidak bersemangat belajar. Perilaku: kurang bertanggung jawab, tidak fokus dalam pelajaran, sering tidur di kelas, tidak aktif di kelas, kalem dan anteng, berontak dan membantah orang tua, menghiraukan dan tidak peduli, dan melanggar peraturan sekolah. Dampak memainkan Game MLBB terhadap aktivitas belajar menurut siswa, yakni: tidak mengganggu aktivitas belajar, dapat fokus dan mengikuti aktivitas pembelajaran layaknya siswa lain tetapi tidak aktif, tidak pernah mendapat prestasi akademik atau dan mengikuti lomba, dan siswa mendapat ranking 15, 16, dan 32. Menurut guru: mengganggu aktivitas belajar, semangat belajar rendah, guru memberi catatan pada raport, keaktifan siswa hanya pada bidang ekstrakurikuler, tidak berdampak pada raport siswa, kurangnya fokus dan konsentrasi dalam pelajaran, nilai siswa berpengaruh, ketiga siswa memiliki perbedaan dalam semangat mengerjakan tugas, dan ketiga siswa memiliki perbedaan dalam keaktifan di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cara pandang, sikap, perilaku, game online, mobile legends: bang bang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:12
Last Modified: 17 Jan 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48438

Actions (login required)

View Item View Item