EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG


Rista Nur’aini, 1102415040 (2020) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN  KEWIRAUSAHAAN DI SMA TEUKU UMAR  SEMARANG] PDF (EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program Kewirausahaan di SMA Teuku Umar Semarang melalui lima komponen, yaitu: 1) Komponen konteks 2) Komponen masukan 3) Komponen proses 4) Komponen produk dan 5) Komponen output. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu satu orang pembina program, pembimbing program dan empat peserta program menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aspek Konteks (Context) latar belakang dari program karena tuntutan prkembangan abad 21 dunia teknologi sangat dibutuhkan untuk perkembangan zamanTujuan program yang ditetapkan telah selaras dengan sasaran program(2) Aspek Masukan (Input) instruktur sudah melakukan beberapa pelatihan dan basic yang kuat namun ketika menjelaskan dan berbagi pengalaman masih kurang diperhatikan kompetensi siswa sudah baik dalam pelaksanaan program, kurikulum yang berlaku dengan pembagian tugas serta jam belajar yang baik dan sesuai, sarana dan prasaran yang disediakan sudah cukup baik,namun alangkah lebih baiknya disediakan area jualan mini yang tersedia untuk siswa berproses secara langsung dalam bewirausaha. Adapun materi sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah dan peraturan pemerintah pusat. Sarana dan prasarana sudah tersedia tetapi belum memadai, menggunakan laboratorium komputer sebagai penunjang untuk pembuatan blog dan media promosi hasil usaha yang dibuat dan dikembangkan, tetapi jika praktek membuat makanan siswa yang membawa peralatan dan bahan- bahan dari rumah. (3) Aspek Proses (Prosses) pelaksanaan program dimulai dari rencana hingga hasil dan direkap di jurnal harian, kinerja sudah instruktur sudah sesuai dengan prosedur, siswa sangat antusias walaupaun ketika penyampaian materi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dan antusias, jadwal sudah terstruktur dengan baik , evaluasi yang dilaksanakan baru sebatas evaluasi administratif. (4) Aspek Hasil (Product): Siswa lebih mandiri dan bekerja keras. (5)pelaksaan progam kewirausahaan di SMA Teuku Umar Semarang ada beberapa yang belum sesuai namun secara keseluruhan sudah baik dan patut untuk dilanjutkan ke tahap yang lebih baik dan dengan tambahan fasilitas yang lebih baik. Kemudian output yang nyata dalam dilihat ketika siswa tersebut lulus, apakah siswa melanjutkan kejenjang perkuliahan atau membuka usaha dengan melihat pembelajaran disekolah, karena kalau saat ini belum bisa dikatakan sudah mencapai tujuan atau belum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, CIPPO, Kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Entrepreneurship
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:41
Last Modified: 17 Jan 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48437

Actions (login required)

View Item View Item