PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG TARIF AIR MINUM PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG


ANINDHITA SEKARING BARENDRIYAS, 8111416163 (2021) PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG TARIF AIR MINUM PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG  NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG TARIF AIR MINUM  PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM  TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG] PDF (PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG TARIF AIR MINUM PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk melindungi konsumen. Pada tahun 2019, Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang menetapkan penyesuaian tarif air yang disebabkan karena terjadi inflasi pada 2009-2018 yang nantinya digunakan untuk peningkatan pelayanan. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Perwal Nomor 31 Tahun 2019? (2) Apa faktor penghambat pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang dalam Pelaksanaan Penyesuaian Tarif Air Pada Peraturan Walikota Semarang Nomor 31 Tahun 2019? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan dan faktor penghambat penyesuaian tarif air minum dalam Peraturan Walikota Semarang Nomor 31 Tahun 2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif perspektif non�doktrinal dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan di Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang. Data yang dikumpulkan yaitu data primer, sekunder dan tersier dalam bentuk observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyesuaian tarif air minum dilakukan mengingat adanya inflasi selama 10 tahun terakhir untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen (2) Setahun setelah berlakunya Perwal Nomor 31 Tahun 2019 masih ditemukan kurangnya pendidikan konsumen mengenai penyesuaian tarif air dan masih ditemukannya pelanggaran mengenai hak-hak konsumen air minum. Simpulan: (1) Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang telah mengupayakan peningkatan pelayanan konsumen dengan melakukan penyesuaian tarif dan sosialisasi mengenai penyesuaian tarif bersama forum komunikasi pelanggan dan lembaga perlindungan konsumen di Kota Semarang (2) Faktor penghambat pelayanan Perumda Air Minum Tirta Moedal yaitu kurangnya kesadaran mengenai apa saja yang diatur di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen terutama mengenai hak konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Tarif; Perlindungan Konsumen; Perumda Air Minum
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:13
Last Modified: 14 Jan 2022 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48436

Actions (login required)

View Item View Item