HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA BOGA SMK N 3 MAGELANG


AZAHRANISA PUSPASARI, 5404416019 (2021) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA BOGA SMK N 3 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN  PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN  MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA BOGA SMK N  3 MAGELANG] PDF (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA BOGA SMK N 3 MAGELANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus tahun 2019 mencapai sebesar 5,28 persen. Dilihat dari tingkat pendidikan, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendominasi di antara tingkat pendidikan lain. Salah satu upaya yang dilakukan SMK untuk mengurangi tingkat pengangguran ialah memasukkan kewirausahaan ke dalam kurikulum sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh semua peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan model pembelajaran Teaching Factory, minat berwirausaha, dan hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada siswa boga SMKN 3 Magelang yang dilatarbelakangi oleh tingginya pengangguran dari lulusan SMK, dengan mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa serta hubungannya terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 3 Magelang jurusan Boga kelas XII sebanyak 103 siswa. Sampel diambil sebanyak 82 siswa. Dengan Prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sebagai variabel independen, model pembelajaran teaching factory sebagai variabel moderator, dan minat berwirausaha sebagai variabel dependen. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian prestasi Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan model pembelajaran Teaching Factory dalam kategori baik sebesar 80%, hasil penelitian tentang minat berwirausaha pada siswa dalam dikategorikan sedang sebesar 29%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan koefisien korelasi sebesar 0,768 yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Saran bagi guru pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengan model pembelajaran teaching factory dengan cara memanfaatkan kelebihan yang sudah ada dalam siswa, serta memberikan dorongan dan motivasi dengan harapan meningkatnya minat berwirausaha pada siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Teaching Factory, Minat Berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Culinary Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:04
Last Modified: 14 Jan 2022 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48434

Actions (login required)

View Item View Item