FABRIKASI DAN KARAKTERISASI KAMPAS REM KOMPOSIT DENGAN VARIASI FRAKSI VOLUME SERAT SERABUT KELAPA


Alif Nur Saidah, 4211416019 (2021) FABRIKASI DAN KARAKTERISASI KAMPAS REM KOMPOSIT DENGAN VARIASI FRAKSI VOLUME SERAT SERABUT KELAPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FABRIKASI DAN KARAKTERISASI KAMPAS REM  KOMPOSIT DENGAN VARIASI FRAKSI VOLUME  SERAT SERABUT KELAPA] PDF (FABRIKASI DAN KARAKTERISASI KAMPAS REM KOMPOSIT DENGAN VARIASI FRAKSI VOLUME SERAT SERABUT KELAPA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tentang pembuatan kampas rem komposit dengan bahan berupa serat serabut kelapa dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana ketahanan kampas rem yang dibuat dengan fraksi volume serat serabut kelapa yang divariasi. Pembuatan spesimen dilakukan dengan memvariasikan fraksi volume serat serabut kelapa mulai dari 2% hingga 14% dengan interval 3% untuk setiap variasi. Spesimen dicetak menggunakan metode hot isostatic pressing dengan suhu 160℃ selama 3 jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa spesimen A1 dengan fraksi volume serabut kelapa sebesar 2% merupakan spesimen terbaik yang mana memiliki nilai kekerasan sebesar 72,80 HRB, nilai keausan sebesar 2,21 x 10−4 mm2 /kg, dan nilai kelekatan sebesar 1541,77 N/cm2 . Penambahan serat alam menyebabkan ikatan dalam spesimen menjadi lemah dan kepadatan spesimen berkurang, sehingga spesimen memiliki nilai kekerasan yang rendah. Spesimen yang memiliki nilai kekerasan rendah menjadikan spesimen tersebut mudah tergores atau terkikis yang mengakibatkan nilai keausannya tinggi. Nilai koefisien gesek tertinggi pada spesimen A5 dengan fraksi volume serat serabut kelapa sebesar 14%. Berdasarkan hasil pengamatan struktur permukaan mikro dan penentuan kandungan komposisi spesimen, terlihat bahwa dalam spesimen tersebut tersusun atas bahan-bahan yang berbeda yang memiliki karateristik berbeda-beda pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kampas rem, komposit, serat serabut kelapa
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:47
Last Modified: 14 Jan 2022 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48430

Actions (login required)

View Item View Item