ANALISIS KONTRASTIF VERBA “TORU” DALAM BAHASA JEPANG DAN VERBA “AMBIL” DALAM BAHASA INDONESIA


Gading Nilam Kencana, 2302416060 (2021) ANALISIS KONTRASTIF VERBA “TORU” DALAM BAHASA JEPANG DAN VERBA “AMBIL” DALAM BAHASA INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KONTRASTIF VERBA “TORU” DALAM BAHASA  JEPANG DAN VERBA “AMBIL” DALAM BAHASA  INDONESIA] PDF (ANALISIS KONTRASTIF VERBA “TORU” DALAM BAHASA JEPANG DAN VERBA “AMBIL” DALAM BAHASA INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Indonesia dan bahasa Jepang masing-masing memiliki persamaan dan perbedaan di dalamnya yang sering kali sulit untuk diterjemahkan. Tujuannya supaya mendeskripsikan makna yang terdapat dalam verba toru dan verba ambil, persamaan dan perbedaan verba toru dalam bahasa Jepang dan verba ambil dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan makna verba toru dalam bahasa Jepang dan makna verba ambil dalam bahasa Indonesia serta persamaan dan perbedaannya. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa penelaahan literatur dari berbagai sumber yaitu dari 3 novel terbitan Jepang : Hyaku Monogatari (online), Senkou Sukuranburu dan Kouseigoni (online). 4 novel terbitan Indonesia : Sakura Wish, Catch Your Love, Tomodachi dan Bumi. 6 surat kabar Online : Asashi shinbun, Detik.com, Merdeka.com, Liputan6.com, Jawapos.com, Kompas.com, Radarjember.jawapos.com, dan Bincangsyariah.com. 2 komik terbitan Jepang: Daichouhen Doraemon-Nobita no Kyuoryuu dan Bokujyou Monogatari. Website : NINJAL-LWP for BBCWJ https://tsukubawebcorpus.jp//search/ dan tangorin tangorin.com/sentences Berdasarkan hasil analisis data, verba toru memiliki 73 makna yang terdiri dari makna dasar dan makna perluasan. Makna dasar dari verba toru adalah “mengambil objek menggunakan tangan” sedangkan verba ambil memiliki 11 makna dengan makna dasar “memegang kemudian dibawa”. Verba toru dalam bahasa Jepang dan verba ambil memiliki 6 makna persamaan yaitu, mengambil objek dari suatu tempat ke tempat lain, mengambil sesuatu milik orang lain (mencuri), mengambil untuk menjadikan sebagai pegawai, menjadikan seseorang sebagai keluarga dan mengambil suatu tindakan tertentu yang sudah pasti. Sedangkan perbedaan verba toru dalam bahasa Jepang dan verba ambil dalam bahasa Indonesia memiliki 72 makna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, Verba Toru, Verba Ambil
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:21
Last Modified: 14 Jan 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48428

Actions (login required)

View Item View Item