IMPLEMENTASI METODE SARISWARA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL ANAK USIA DINI DI TAMAN INDRIA-IBU PAWIYATAN TAMANSISWA (TK)


Ikhsanul Azizah, 1601416040 (2021) IMPLEMENTASI METODE SARISWARA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL ANAK USIA DINI DI TAMAN INDRIA-IBU PAWIYATAN TAMANSISWA (TK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE SARISWARA DALAM MENUMBUHKAN  KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL ANAK USIA DINI DI TAMAN  INDRIA-IBU PAWIYATAN TAMANSISWA (TK)] PDF (IMPLEMENTASI METODE SARISWARA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA BUDAYA LOKAL ANAK USIA DINI DI TAMAN INDRIA-IBU PAWIYATAN TAMANSISWA (TK)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui implementasi metode sariswara dalam menumbuhkan karakter cinta budaya lokal pada anak usia dini di Taman Indria-IPTs. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk perilaku peserta didik yang mencerminkan karakter cinta budaya lokal sebagai hasil dari implementasi metode sariswara dalam pembelajaran di Taman Indria-IPTs. Besarnya arus globalisasi dan modernisasi membuat budaya bangsa Indonesia semakin tergerus oleh budaya asing. Masyarakat mulai kehilangan rasa cinta pada budaya lokal dan lebih tertarik pada budaya asing. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan karakter cinta budaya lokal sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan sebuah pondasi awal dari pembentukan karakter para penerus bangsa. Pendidikan sangat menentukan bagaimana masa depan suatu bangsa. Berbagai nilai-nilai karakter sangat penting ditanamkan sejak usia dini, salah satunya karakter cinta budaya lokal. Hal ini dikarenakan seiring berkembangnya zaman dalam pengaruh globalisasi, budaya lokal di Indonesia mulai dilupakan oleh masyarakat bahkan anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia. Target penelitian ini adalah peserta didik Taman Indri-IPTs yang berusia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta triangulasi sumber. Metode Sariswara sendiri adalah sebuah metode pembelajaran melalui kesenian dengan menggabungkan seluruh pengalaman panca indera anak. Metode Sariswara dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk membentukan nilai-nilai katakter pada anak, terutama karakter cinta budaya lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perseta didik Taman Indria-IPTs memiliki karakter cinta budaya lokal. Karakter cinta budaya lokal yang dimiliki peserta didik antara lain: mengetahui dan menyukai berbagai tembang jawa, bahasa daerah (jawa), permainan tradisional (jawa), tarian-tarian tradisional (jawa), dan beberapa cerita rakyat. Peserta didik Taman Indria_IPTs juga memiliki nilai-nilai karakter seperti disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, serta budi pekerti yang luhur

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode sariswara, karakter cinta budaya lokal, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:30
Last Modified: 14 Jan 2022 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48402

Actions (login required)

View Item View Item