ANALISIS PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH PEMOTONGAN HEWAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI


Adzillatin ‘Alal Mu’miniina, 6411414137 (2020) ANALISIS PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH PEMOTONGAN HEWAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH  PEMOTONGAN HEWAN AMPEL KABUPATEN  BOYOLALI] PDF (ANALISIS PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH PEMOTONGAN HEWAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dengan jumlah pemotongan sapi rata-rata hingga 45 ekor per hari pada tahun 2017, RPH Ampel Boyolali merupakan RPH dengan jumlah pemotongan ternak sapi terbanyak di Jawa Tengah. Pada tahun 2018, hasil pengujian parameter COD dan Coliform belum memenuhi baku mutu yang ditetapkan dalam Perda Jateng Nomor 5 Tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengolahan air limbah melalui IPAL RPH Ampel Boyolali. Jenis dan rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi dan pengujian sampel air limbah. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengujian sampel air limbah dengan pengambilan sampel menggunakan metode komposit waktu dan observasi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter TSS, pH, dan MPN Coliform pada pengukuran ke-2 yang sudah memenuhi baku mutu, sementara BOD5, COD, Minyak dan lemak, Amonia dan MPN Coliform pada pengukuran ke�1 dan 3 belum memenuhi baku mutu. RPH Ampel mempunyai IPAL yang memanfaatkan gravitasi dan proses biologis untuk pengolahan limbah. Di RPH ini belum terdapat staff khusus yang menangani pengolahan limbah. Simpulan dari penelitian ini yaitu perlunya dilakukan intervensi untuk meningkatkan removal efficiencyIPAL RPH sehingga dapat memenuhi baku mutu yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rumah Pemotongan Hewan, kualitas air limbah, pengolahan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > environmental Impact
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:30
Last Modified: 13 Jan 2022 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48394

Actions (login required)

View Item View Item