PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBELAJARAN KONSTRUKSI POLA BUSANA


Sitta Khotimatul Mutma’inah, 5401414029 (2021) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBELAJARAN KONSTRUKSI POLA BUSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS  ANDROID PADA MATERI PEMBELAJARAN KONSTRUKSI  POLA BUSANA] PDF (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBELAJARAN KONSTRUKSI POLA BUSANA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang sangat pesat dibidang pendidikan terutama pada penggunaan smartphone yang digunakan sebagai media pembelajaran dikalangan tenaga pendidik. Berdasarkan observasi disalah satu perkuliahan mata kuliah konstruksi pola busana di Universitas Negeri Semarang prodi Pendidikan Tata Busana penggunaan media pembelajaran masih terbatas pada jobsheet dan demonstrasi dipapan tulis yang dinilai kurang memenuhi kelayakan oleh peneliti berdasarkan syarat kelayakan menurut Depdiknas (2008; 28) yaitu: isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan yang dapat dilihat dari interaksi, kelengkapan informasi, ilustrasi, gambar, foto dan desain tampilan. Banyak peserta didik yang memiliki perangkat mobile sehingga dianggap perlu mengoptimalkan pemanfaatan penggunaannya untuk kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media mobile learning berbasis Android pada materi pembelajaran konstruksi pola busana dengan pokok bahasan teknik pembuatan pola wanita sistem meyneke di PKK Tata Busana UNNES; (2) kelayakan media dan; (3) penilaian penggunaan media oleh mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Four D Models), yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, dokumentasi, dan lembar validasi ahli, yaitu: untuk ahli media, ahli materi dan lembar penilaian penggunaan aplikasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif didukung dengan konversi data dalam tabel kriteria kelayakan dan penilaian penggunaan. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh validator media menunjukkan bahwa: aplikasi mendapat penilaian sebesar 90,53% dari ahli media dan 90,15% dari ahli materi. Sedangkan hasil penilaian penggunaan aplikasi sebesar 88,6% oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa media mobile learning berbasis Android yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan mempermudah pendidik dalam menyajikan materi konstruksi pola busana dengan pokok bahasan teknik pembuatan pola busana wanita sistem meyneke dan peserta didik dalam mengakses materi pada aplikasi dimanapun kapanpun dan secara mudah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mobile learning, media, perangkat mobile
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:23
Last Modified: 13 Jan 2022 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48391

Actions (login required)

View Item View Item