ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI


Etika Ayu Lestari, 4301416013 (2021) ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA  THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI  STOIKIOMETRI] PDF (ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan pemahaman yang berbeda dengan konsep ilmiah. Miskonsepsi perlu ditindak lanjuti agar tidak menimbulkan variasi-variasi miskonsepsi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri dan mengetahui temuan-temuan yang diperoleh dari analisis miskonsepsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Semarang pada kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini mixed method dengan design explanatoris sekuensial. Metode pengumpulan data kuantitatif dengan metode tes dan angket. Metode data kualitatif dengan metode wawancara. Metode tes dianalisis menggunakan Rasch Model dan klasik untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa. Metode angket yang dianalisis secara klasik dan metode wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Profil miskonsepsi total pada materi stoikiometri sebesar 44,6%. Profil miskonsepsi berdasarkan ketercapaian indikator pemahaman konsep tertinggi sebesar 65%. Faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi pada siswa yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran kimia, cara belajar yang kurang benar, kurangnya keberanian untuk bertanya, motivasi belajar siswa yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Stoikiometri; Three-Tier Multiple Choice
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:25
Last Modified: 13 Jan 2022 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48381

Actions (login required)

View Item View Item