ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI
Etika Ayu Lestari, 4301416013 (2021) ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan pemahaman yang berbeda dengan konsep ilmiah. Miskonsepsi perlu ditindak lanjuti agar tidak menimbulkan variasi-variasi miskonsepsi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri dan mengetahui temuan-temuan yang diperoleh dari analisis miskonsepsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Semarang pada kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini mixed method dengan design explanatoris sekuensial. Metode pengumpulan data kuantitatif dengan metode tes dan angket. Metode data kualitatif dengan metode wawancara. Metode tes dianalisis menggunakan Rasch Model dan klasik untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa. Metode angket yang dianalisis secara klasik dan metode wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Profil miskonsepsi total pada materi stoikiometri sebesar 44,6%. Profil miskonsepsi berdasarkan ketercapaian indikator pemahaman konsep tertinggi sebesar 65%. Faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi pada siswa yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran kimia, cara belajar yang kurang benar, kurangnya keberanian untuk bertanya, motivasi belajar siswa yang rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Stoikiometri; Three-Tier Multiple Choice |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 06:25 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48381 |
Actions (login required)
View Item |