PENGARUH KECANDUAN GADGET TERHADAP KUALITAS TIDUR ANAK USIA DINI DI NAGARI LIMBANANG, SUMATERA BARAT


Wulan Rahmadia Novera, 1601416077 (2021) PENGARUH KECANDUAN GADGET TERHADAP KUALITAS TIDUR ANAK USIA DINI DI NAGARI LIMBANANG, SUMATERA BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECANDUAN GADGET TERHADAP  KUALITAS TIDUR ANAK USIA DINI DI NAGARI  LIMBANANG, SUMATERA BARAT] PDF (PENGARUH KECANDUAN GADGET TERHADAP KUALITAS TIDUR ANAK USIA DINI DI NAGARI LIMBANANG, SUMATERA BARAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan gadget secara berlebihan pada anak usia dini dapat menyebabkan anak mengalami kecanduan gadget dan kecanduan gadget pada anak dapat mempengaruhi kualitas tidur pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecanduan gadget terhadap kualitas tidur anak usia dini di Nagari Limbanang, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di Nagari Limbanang yang terdiri dari 100 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan berjumlah 30 anak di Nagari Limbanang. Teknik Prngumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kecanduan gadget dan skala kualitas tidur anak usia dini yang mengacu pada skala likert. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Analisis data menggunakan SPSS IBM 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persaman regresinya adalah Y= 134,708+ (-0,788) X Nilai sig. sebesar 000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh kecanduan gadget terhadap kualitas tidur pada anak usia dini. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,651. Kesimpulan dari uji analisis regresi linier sederhana ini adalah kecanduan gadget berpengaruh terhadap kualitas tidur pada anak usia dini dengan total pengaruh 65,10%, sementara untuk 34,90% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Gadget, Kualitas Tidur Anak Usia Din
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:01
Last Modified: 13 Jan 2022 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48367

Actions (login required)

View Item View Item