EFEKTIVITAS ISOLASI SINAMALDEHID DARI KAYU MANIS (Cinnamomum cassia) DENGAN METODE DESTILASI UAP DAN EKSTRAKSI PELARUT


Yemima Agnetha Heldy, 4311416031 (2021) EFEKTIVITAS ISOLASI SINAMALDEHID DARI KAYU MANIS (Cinnamomum cassia) DENGAN METODE DESTILASI UAP DAN EKSTRAKSI PELARUT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS ISOLASI SINAMALDEHID DARI KAYU  MANIS (Cinnamomum cassia) DENGAN METODE DESTILASI  UAP DAN EKSTRAKSI PELARUT] PDF (EFEKTIVITAS ISOLASI SINAMALDEHID DARI KAYU MANIS (Cinnamomum cassia) DENGAN METODE DESTILASI UAP DAN EKSTRAKSI PELARUT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman kayu manis berpotensi sebagai salah satu minyak atsiri yang diaplikasikan pada industri flavor dan fragrance. Isolasi minyak atsiri kayu manis dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu ekstraksi pelarut dan destilasi uap. Dengan menggunakan dua metode yang berbeda tersebut maka akan menghasilkan miyak atsiri kayu manis dengan komposisi senyawa yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membandingan metode isolasi ekstraksi pelarut dan destilasi uap terhadap komposisi senyawa sinamaldehdi serta rendemen yang dihasilkan. Ekstraksi pelarut dilakukan dengan dua cara yaitu cara dingin dengan maserasi dan cara panas dengan soxhletasi. Proses maserasi dilakukan selama 5 hari menggunakan pelarut etanol 96%, setelah itu maserat dipisahkan dengan pelarutnya menggunakan rotary evaporator dan diekstraksi cair-cair menggunakan etil asetat. Proses Soxhletasi dilakukan selama 8 jam dengan pelarut etanol 96%, setelah itu ekstrak dipisahkan dengan pelarut menggunakan rotary evaporator. Proses destilasi uap dilakukan selama 13 jam, kemudian destilat dipisahkan antara lapisan minyak atsiri dan lapisan kaya air. Minyak atsiri dan ekstrak yang dihasilkan kemudian diuji komposisinya menggunakan Gas Chromatography (GC) kemudian dilanjutkan pengujian mengguanakn Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS). Hasil rendemen metode maserasi, soxhletasi dan destilasi uap masing-masing sebanyak 22%, 19,9% dan 0,28%. Sinamaldehid hanya dapat terisolasi menggunakan destilasi uap yaitu sebesar 45,11%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minyak atsiri kayu manis, ekstraksi pelarut, destilasi uap, sinamaldehid
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:59
Last Modified: 13 Jan 2022 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48359

Actions (login required)

View Item View Item