IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19


Muhammad Adrian Baharsyah, 4201416098 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS  GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA  TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI  COVID-19] PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkannya pembelajaran daring berbasis Google Classroom dimasa pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA N 2 Tegal yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan mengunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan desain penelitian One Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa melalui hasil tes berdasarkan 6 indikator kognitif termasuk dalam kriteria sangat baik untuk 2 indikator, yaitu indikator menyebutkan, menjelaskan (C1) dan menerapkan (C3). Empat indikator lain yaitu mengklasifikasikan (C2); menganalisis, memformulasikan (C4); mengevaluasi (C5); dan merencanakan, merumuskan (C6) termasuk dalam kriteria baik. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran daring berbantuan Google Classroom menunjukkan bahwa persentase respon siswa sebesar 84,5% yang termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring berbasis Google Classroom dimasa pandemi Covid-19 pada materi gerak lurus minimal berkriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, Google Classroom, hasil belajar, pandemi covid-19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:52
Last Modified: 13 Jan 2022 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48358

Actions (login required)

View Item View Item