PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI SHIELD METAL ARC WELDING MATA DIKLAT TEKNIK PENGELASAN


Rusiyanto, - (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI SHIELD METAL ARC WELDING MATA DIKLAT TEKNIK PENGELASAN. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16 (1). pp. 15-20. ISSN 1412-1247

[thumbnail of 8. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Shield Metal Arc Welding Mata Diklat Teknik Pengelasan - KUSDIYANTO UNNES (1).pdf] PDF
Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelja- ran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pre test – post test control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TP SMK Bhina Tunas Bangsa berjumlah 97 peserta didik pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive rndom sampling. Hasil penelitian menun- jukkan rata-rata hasil belajar post test thitung=3.67< ttabel= 1.67. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka ke- las eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar pre test kelas eksperimen 62.23 dan kelas kontrol 64.31. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 82.19, sedangkan kelas kontrol 75.73. Kesimpulan penelitian sebagi berikut 1) Rata-rata hasil belajar pre test pada kedua kelas relatif sama; 2) Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 84.20 sedangkan kelas kontrol 77.31; 3) Kedua kelas terjadi peningkatan yang signifikan; 4) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:38
Last Modified: 13 Jan 2022 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48354

Actions (login required)

View Item View Item