PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BAND UNDERGROUND BURIED DALAM BENTUK MERCHANDISE


HILMY ATMA RAHARDI, 2411317005 (2021) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BAND UNDERGROUND BURIED DALAM BENTUK MERCHANDISE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BAND UNDERGROUND  BURIED DALAM BENTUK MERCHANDISE] PDF (PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BAND UNDERGROUND BURIED DALAM BENTUK MERCHANDISE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Musik underground trend pada jalurnya sendiri (independent) dan identik dengan kebebasan dan solidaritas yang tinggi. Lagu-lagu dalam musik ini sendiri lebih menekankan kepada kebebasan berkspresi, kebebasan membuat lirik tanpa takut disensor perusahaan label karena mereka mengerjakan semuanya sendiri. Lirik lagu�lagu mereka banyak yang menyinggung kehidupan sosial, pemerintahan, bahkan ada juga yang menulis lirik tentang hal-hal magis. Melihat trend yang bagus pada jalur independen, dewasa ini banyak grup-grup musik Indonesia berlomba membuat karya musik, mengungkapkan ekspresi dan gagasan mereka melalui lagu, serta menyebarluaskan karya mereka kepada publik. Tidak hanya bersaing melalui karya musik, grup-grup musik juga berlomba dalam pengerjaan materi grafis. Tujuan Karya Tugas Akhir dengan judul “Perancangan Komunikasi Visual Band Underground Buried dalam Bentuk Merchandise” untuk menciptakan identitas visual yang berkarakter pada perancangan grafis media promosi merchandisenya, serta memperkenalkan album baru mereka ‘Acheron’ dan eksistensi band Buried pada komunitas musik underground di indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan adalah studi literatur pustaka maupun yang bersumber dari internet, wawancara dengan narasumber terkait. Diharapkan perancangan komunikasi visual dalam bentuk merchandise dengan menginterpretasikan album baru band Buried dapat menjadi karya ilustrasi dan juga menjadi alternatif media promosi band Buried dalam memperkenalkan eksistensinya kepada penggemar musik underground. Perancangan ini menerapkan teori dan konsep Dark Art sebagai gaya ilustrasi, layout, dan tipografi, serta menentukan color identity yang diaplikasikan di setiap karya. Media promosi yang digunakan meliputi media-media komunikasi visual yang berkaitan dengan musik seperti merchandise. Ilustrasi dan layout dikerjakan melalui tahap sketsa penjaringan ide berdasarkan referensi berupa data visual, yang kemudian diolah secara digital. Menurut beberapa narasumber, hasil akhir dari perancangan dinilai cukup menciptakan keserasian antara gaya ilustrasi dengan karakter musik dari band Buried.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Album ‘Acheron’, Ilustrasi, Underground, Merchandise.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:31
Last Modified: 13 Jan 2022 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48352

Actions (login required)

View Item View Item