(ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR P.IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS V SD I ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Sri Haryanti, 1402907103 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR P.IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS V SD I ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR P.IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS V SD I ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN HASIL BELAJAR P.IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS V SD I ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di Kelas V SD I Istiqomah Tahun Pelajaran 2008/2009, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran P.IPS Materi Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Students Teams-Achievement Divisions pada siswa kelas V SD I Istiqomah? (2). Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Students Teams-Achievement Divisions dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar P.IPS materi Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V SD I Istiqomah? Metodologi Penelitian yang digunakan meliputi, setting tempat dan waktu, yaitu di SD I Istiqomah dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 anak terdiri dari 19 siswa putri dan 11 siswa putra, sekaligus sebagai sumber data primer. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari temuan dan catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa tes tertulis melalui alat pengumpulan data berupa materi soal tes. Selanjutnya untuk menjaga validitas hasil penelitian maka data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode pengumpulan dan pengolahan data dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil antara siklus I dengan hasil siklus II dan temuan selama pelaksanaan penelitian yang selanjutnya dibahas bersama dengan teman sejawat yang bertindak sebagai observer sekaligus kolaborator. Hasil penelitian menunujukan prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,67 dengan ketuntasan belajar 76,67%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,67 dengan ketuntasan belajar 100% Hasil lain menunjukkan rerata prosentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 41,00% termasuk belum memuaskan, pada siklus II rerata prosentase aktivitas siswa mencapai 75,25% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis pelaksanaan penelitian melalui penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa secara teoritis dan secara empirik penelitian yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan karena pelaksanaan penelitian telah berdasar pada kajian teori maupun metodologi penelitian dan hasilnya adalah penelitian telah mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran P. IPS Kelas V SD I Istiqomah Kabupaten Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 03:22
Last Modified: 28 Sep 2011 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item