PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BERTEMA KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP


Dewi Sekar Kinasih, 2101417078 (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BERTEMA KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEKS  DESKRIPSI BERTEMA KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG BAGI  PESERTA DIDIK KELAS VII SMP] PDF (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BERTEMA KEARIFAN LOKAL KOTA SEMARANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada masa kini, sebagian besar modul dibuat dalam bentuk cetak. Modul dalam bentuk cetak cenderung monoton dan kurang dapat diminati peserta didik, apalagi peserta didik masa kini sudah mengenal teknologi dengan mudah seiring berkembangnya arus globalisasi yang semakin tidak terbendung tak terkecuali di Indonesia. Globalisasi juga disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, yang menyebabkan era revolusi industri ini dikenal dengan fenomena disruptive innovation atau inovasi untuk menggantikan teknologi terdahulu menjadi teknologi pembaharuan. Oleh sebab itu, adanya pengembangan bentuk dari bahan ajar yang bermula dari lembaran kertas menjadi sebuah file. Hal ini sejalan dengan tantangan di era disrupsi, dan juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas atau dikenal dengan istilah paperless dan sebagai salah satu bentuk dalam mengkonservasi lingkungan. Modul elektronik dapat dijadikan suatu produk interaktif dalam pembelajaran khususnya dalam materi teks deskripsi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan terhadap modul elektronik pembelajaran teks deskripsi yang sesuai untuk pendidik dan peserta didik SMP kelas VII. (2) mendeskripsikan prinsip pengembangan prototipe modul elektronik pembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang untuk peserta didik SMP kelas VII yang sesuai dengan persepsi peserta didik dan pendidik. (3) memaparkan penilaian dosen ahli terhadap modul elektronik pembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang untuk peserta didik SMP kelas VII. (4) mendeskripsikan perbaikan modul elektronik pembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang untuk peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian ini dilakukan hanya sampai lima dari sepuluh tahap dikarenakan lima tahap tersebut sudah bisa mewakili kebutuhan penelitian. bahwasannya penelitian dan pengembangan dilakukan untuk mengembangkan dan menvalidasi produk penelitian, sehingga dimungkinkan membatasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan pada produk sampai pada tahap revisi desain. Berikut adalah langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang peneliti gunakan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Hasil penelitian, yaitu (1) pendidik dan peserta didik membutuhkan modul elektronik lpembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang sebagai bahan ajar pendamping dalam materi teks deskripsi. (2) prinsip pengembangan modul elektronik meliputi aspek materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan, grafika, dan muatan kearifan lokal kota Semarang. (3) prototipe modul elektronik pembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang meliputi bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku. (4) perolehan presentase kelayakan modul elektronik pembelajaran teks deskripsi bertema kearifan lokal Kota Semarang yang dilakukan oleh dosen ahli, aspek materi 68,7%, aspek penyajian materi 75%, aspek bahasa dan keterbacaan 75%, dan aspek grafika 68,7% dengan presentase nilai rata-rata sebesar 72% yang berarti layak digunakan dan perlu adanya perbaikan. (5) perbaikan prototipe elektronik modul pada bagian judul, jenis huruf, sampul belakang buku, ilustrasi, dan bahasa. Saran yang ditujukan kepada beberapa pihak, yaitu pendidik dan peserta didik dapat menggunakan modul elektronik yang dikembangkan dalam penelitian ini sebagai sumber belajar tambahan dan peneliti bidang bahasa Indonesia perlu mengadakan penelitian lanjutan mengenai elektronik modul yang dikembangkan dalam penelitian ini sebagai dasar peneliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik, teks deskripsi, kearifan lokal kota Semarang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:58
Last Modified: 13 Jan 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48343

Actions (login required)

View Item View Item