KOMIK JENAKA SI PALUI DALAM CERITA PASAR APUNG BANJARMASIN


Olby Andrean Mambang, 2411415021 (2020) KOMIK JENAKA SI PALUI DALAM CERITA PASAR APUNG BANJARMASIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMIK JENAKA SI PALUI DALAM CERITA PASAR APUNG BANJARMASIN] PDF (KOMIK JENAKA SI PALUI DALAM CERITA PASAR APUNG BANJARMASIN)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Komik ini dibuat karena perkembangan teknologi dan gaya hidup zaman sekarang mulai menggeser tokoh cerita rakyat Si Palui di Banjarmasin, penerapan ide yang pernah diimplementasikan oleh Banjarmasin Post dalam perkembangan cerita Si Palui pada media cetak menjadi gagasan untuk mengadaptasi ide pembawaan cerita Si Palui dalam konsep cerita yang baru. Tujuan dari pembuatan proyek studi adalah untuk menuangkan ide dan kreativitas dalam membuat komik Si Palui melalui cerita pasar apung Banjarmasin. Teknik pembuatan menggunakan teknik digital dengan metode seperti pembuatan storyboard, sketsa, garis, warna dan penempatan aspek-aspek bidang yang menunjang lainnya. Susunan keterbacaan komik yang sudah sesuai kemudian masuk proses publikasi pada portal komik web webtoon. Komik ini menceritakan tentang dua reporter yang bertemu Si Palui untuk mengantarkan mereka meliput pasar apung, komik ini dalam penyajiannya memperhatikan prinsip-prinsip komik diantaranya adalah ide cerita yang disusun sedemikian rupa, pembagian bidang yang dibentuk dalam panel-panel, penerapan prinsip seni rupa. Dominasi gambar yang melebihi teks. Karakter tokoh yang original dalam bentuk kartun, sudut pandang yang variatif, balon kata yang efisien dan efektif, penggunaan simbol-simbol suara, gerak dan ekspresi, dan alur cerita yang mudah dipahami dan mengandung unsur komedi. Melalui perancangan proyek studi ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi pembaca serta dapat digunakan sebagai referensi untuk karya yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik, Si Palui, Pasar Apung Banjarmasin
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:28
Last Modified: 11 Jan 2022 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48325

Actions (login required)

View Item View Item