PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA KI GEDE SEBAYU DALAM PEMBANGUNAN BENDUNGAN DANAWARIH TEGAL


Rakhmat Fatuloh, 2411415003 (2021) PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA KI GEDE SEBAYU DALAM PEMBANGUNAN BENDUNGAN DANAWARIH TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA KI GEDE SEBAYU DALAM PEMBANGUNAN BENDUNGAN DANAWARIH TEGAL] PDF (PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA KI GEDE SEBAYU DALAM PEMBANGUNAN BENDUNGAN DANAWARIH TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Legenda merupakan budaya lokal yang disampaikan secara turun temurun dan berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau amanat yang mengandung budi pekerti serta nilai-nilai moral. Legenda perlu dijaga dan dilestarikan karena memiliki peran sangat penting dalam pembentukan identitas suatu daerah. Salah satu legenda tersebut adalah legenda Ki Gede Sebayu. Memvisualisasikan legenda Ki Gede Sebayu ke dalam ilustrasi buku agar menjadi sarana mengabadikan dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam kisah Ki Gede Sebayu bagi remaja. Tujuan proyek studi ini adalah untuk mengasah kemampuan dan keterampilan penulis dalam membuat rancangan karya ilustrasi buku dan menghasilkan rancangan (dummy) ilustrasi buku legenda Ki Gede Sebayu dalam pembangunan bendungan Danawarih Tegal. Perancangan ilustrasi buku ini menggunakan teknik digital melalui software Medibang Paint Pro dan software Adobe Photoshop CS6. Secara teknis tahap pertama yaitu pembuatan sketsa karakter tokoh dan pewarnaan menggunakan software Medibang Paint Pro dengan alat bantu pentab. Selanjutnya adalah melayout buku menggunakan software Adobe Phothoshop CS6. Proses berkarya antara lain: (1) Pra Produksi, meliputi pencarian ide, penetapan tujuan, analisis khalayak sasaran, pengumpulan data, dan perancangan konsep karya. (2) Produksi, meliputi pembuatan sketsa gambar digitalisasi, pewarnaan, layout buku, pemberian teks dan konsultasi karya (3) Pasca Produksi, meliputi pameran karya ilustrasi buku di Instagram. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen dan prinsip�prinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah sebuah rancangan ilustrasi buku legenda Ki Gede Sebayu dengan ukuran 21.0 cm x 29.7 cm (A4), buku terdiri atas 2 halaman cover, 1 halaman karakter tokoh, 1 halaman profil dan 23 halaman sequence. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan kartunal agar mampu merangsang dan menarik para pembaca dan menimbulkan rasa keinginan untuk segera membaca dan mengetahui isi atau pesan yang ada dalam buku cerita tersebut. Ilustrasi buku ini diharapkan dapat menarik dan menumbuhkan kembali minat baca bagi genarasi muda serta mempelajari lebih dalam mengenai legenda Ki Gede Sebayu pendiri Kota Tegal. Selain itu juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dalam bentuk ilustrasi buku dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif serta inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Ilustrasi, Buku, Legenda.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:22
Last Modified: 11 Jan 2022 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48321

Actions (login required)

View Item View Item