PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR


Abdul Maskur, 2411414039 (2020) PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR] PDF (PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Candi Borobudur merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang menjadi kebanggan nasional. Sebagai bentuk cagar budaya, secara visual Candi Borobudur mempunyai relief-relief yang mengandung pesan mulia yang dipahat di dinding candi. Pengetahuan mengenai candi khususnya relief yang merupakan bagian bangunan dari Candi Borobudur belum mendapat porsi dalam pelajaran siswa Sekolah Dasar, namun pengetahuan di luar dari yang telah diberikan di sekolah dapat menjadi potensi pengaruh positif untuk anak-anak untuk mengetahui berbagai hal dari Candi Borobudur sebagai bahan literasi maupun hiburan. Salah satu relief yang terdapat pada pahatan dinding Candi Borobudur adalah relief Jataka. Relief Jataka adalah cerita tentang Bosshisatva baik sebagai manusia maupun hewan yang selalu mencontohkan karakter positif. Pada saat bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai media penunjang edukasi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk merancang sebuah multimedia interaktif yang dapat dimanfaatkan untuk penunjang pendidikan dasar serta mempunyai nilai-nilai positif yang terkandung di dalam relief Jataka yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif Android. Proses pembuatan karya multimedia interaktif Jataka melalui beberapa tahapan, yaitu (1) preliminary plan; (2)pra produksi; (3) proses produksi; dan (4) pasca-produksi. Preliminary plan meliputi eksplorasi ide, riset, analisis media, penentuan konsep, dan strategi media. Pra produksi meliputi perangangan skema desain, perangan skema konten, dan perancangan illustrasi. Proses produksi meliputi perancangan halaman depan, dan perancangan halaman konten. Pasca produksi meliputi pembuatan media pendukung dan pelaksanaan pameran. Perancangan tugas akhir ini menghasilkan rancangan cerita interaktif yang diangkat dari relief Jataka Candi Borobudur kepada anak-anak dalam bentuk multimedia interaktif. Sasaran utama dari perancangan multimedia interaktif ini adalah anak-anak Sekolah Dasar usia 7-10 tahun. Multimedia interaktif ini dapat dijalankan pada handphone atau tablet dengan sistem operasi Android dengan resolusi ukuran 1280 pixel x 720 pixel yang berorientasi lanscape. Sedangkan ilustrasi yang mencakup latar belakang, ilustrasi cerita, ilustrasi permainan dominan menggunakan bahasa rupa moderen yang menggunakan jenis gambar vektor. Perancangan multimedia interaktif ini memiliki tiga cerita inspiratif, permainan sederhana, dan pengenalan relief yang masing-masing di ambil dari relief Jataka, antara lain relief kera & kerbau, relief kijang Ruru, dan relief singa & burung pelatuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Relief Jataka, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:10
Last Modified: 11 Jan 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48319

Actions (login required)

View Item View Item