PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI NUMTHAI THAITEA SEMARANG


Muhammad Abi Maskhun, 2411414036 (2020) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI NUMTHAI THAITEA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI NUMTHAI THAITEA SEMARANG] PDF (PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI NUMTHAI THAITEA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Numthai adalah usaha minuman khas Thailand yang menyajikan berbagai macam varian rasa. Persaingan saat ini menjadi semakin berat dengan munculnya pesaing yang memilik harga lebih murah. Oleh karena itu Numthai dituntut agar dapat memiliki strategi kreati agar dapat terus berjalan mempertahankan konsumen maupun mendatangkan konsumen baru tanpa perlu menurunkan harga jual. Sehingga untuk saat ini dibutuhkan sebuah pembeda yang tidak ditemui di produk pesaing. Agar konsumen tetap merasa puas membeli Numthai meskipun memiliki harga yang diatas dari pesaing. Tujuan dari proyek studi ini ini adalah untuk menghasilkan identitas visual yang diterapkan pada stationary, packaging, media promosi, booth dan franchise tool. Perancangan identitas visual dan aplikasinya pada media promosi ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary yang meliputi riset, analisis SWOT, penetapan tujuan, strategi perancangan, strategi media. Proses pra produksi meliputi, pencarian referensi logo, penentuan konsep. Produksi meliputi, sketsa, komputerisasi, final, pengaplikasian identitas visual pada media promosi, dan konsultasi dosen pembimbing. Proses terakhir berupa penyajian karya meliputi, pencetakan, dan pameran. Pada proses perancangan identitas visual dilakukan analisis karya untuk menghasilkan rancangan identitas visual yang baik. Analisis karya tersebut meliputi beberapa aspek antara lain, aspek teknis, aspek estetis, dan aspek komunikasi. Dengan adanya perancangan identitas visual dan aplikasikasinya pada media promosi dalam hal untuk meningkatkan citra Numthai di mata konsumen maupun calon konsumen supaya produk yang dihasilkan oleh Numthai memiliki sesuatu yang berbeda yang tidak dimiliki oleh merk pesaing sebagai modal dalam dalam menghadapi persaingan dalam dunia usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Identitas Visual, Media Promosi, Numthai Thaitea
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:58
Last Modified: 11 Jan 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48318

Actions (login required)

View Item View Item