PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MELAWAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19


Aditya Tryantoyo, 2411317004 (2020) PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MELAWAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19. Diploma thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN  PENDEKATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MELAWAN  PENYEBARAN VIRUS COVID-19] PDF (PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MELAWAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020 masyarakat dikejutkan dengan temuan jenis virus baru, yaitu COVID-19. Virus Corona atau COVID-19 menyebabkan kepanikan di seluruh dunia dikarenakan penyebaran virus yang cepat antar manusia. Pemerintah Indone�sia sudah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi pandemi, salah satunya dengan sosialisasi gerakan Physical Distancing. Namun banyak masyarakat yang tidak menyikapinya dengan baik, khususnya di kota Pati, masyarakat masih melakukan kegiatan biasa seakan virus Corona tidak pernah ada. Dinas Kesehatan Kabupaten Pati sudah berusaha untuk mengingatkan khalayak muda dengan melakukan sosialisasi melalui film pendek, namun disayangkan bahwa film pendek kurang menarik perhatian khalayak muda. Oleh karena itu Dinas Kesehatan melakukan pembaharuan dalam melakukan sosialisasi dengan penggunaan motion graphic dalam iklan layanan masyarakat. Tujuan dari tugas akhir ini adalah men�gasilkan karya iklan layanan masyarakat dengan menggunakan teknik motion graphic sebagai media sosialisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pati kepada khalayak muda. Dalam perancangan iklan layanan masyarakat ini penulis melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan: (1) Tahap Persiapan (penentuan ide, bimb�ingan karya, studi pustaka, analisis media klien, dan penentuan khalayak sasaran); (2) Pra Produksi (Pembuatan naskah, pembuatan storyboard, perancangan karakter dan bakcground, dan perancangan suara); (3) Produksi (animating, editing, render�ing); (4) Pasca Produksi (pameran, dan distribusi media). Karya yang dihasilkan adalah Iklan Layanan Masyarakat dengan durasi 3 menit 2 detik, yang dibagi men�jadi 4 bagian video, yaitu (a) Pengantar yang berisi pengertian dan sejarah virus Corona, (b) Gejala-gejala yang timbul karena virus dan proses penularannya, (c) Perkembangan virus di Indonesia, (d) Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Penggunaan motion graphic dapat mem�permudah audience untuk menangkap sebuah informasi dengan penggunaan audio dan visual yang disajikan selain terlihat lebih menarik namun juga mempermudah pemahaman dari pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Motion Graphic, COVID-19.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:49
Last Modified: 11 Jan 2022 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48312

Actions (login required)

View Item View Item