PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HANZI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS 5 SD NUSAPUTERA SEMARANG


Candra Dwi Kasih, 2404416021 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HANZI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS 5 SD NUSAPUTERA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HANZI UNTUK PEMBELAJARAN  MENULIS HANZI SISWA KELAS 5 SD NUSAPUTERA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HANZI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI SISWA KELAS 5 SD NUSAPUTERA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dari observasi dan wawancara kepada guru bahasa Mandarin kelas 5 di SD Nusaputera Semarang. Hasil dari wawancara dan observasi yaitu bahwa media yang digunakan siswa dalam pembelajaran menulis hanzi hanya menggunakan buku cetak dan papan tulis untuk menerangkan cara menulis hanzi dengan benar. Hal ini membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran menulis hanzi. Siswa juga masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis hanzi sesuai urutan goresan. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti berupaya mengembangkan media puzzle hanzi untuk pembelajaran menulis hanzi siswa kelas 5 SD Nusaputera Semarang. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) mengetahui analisis kebutuhan guru terhadap media Puzzle hanzi untuk pembelajaran menulis hanzi siswa kelas 5 SD Nusaputera Semarang, 2) mengetahui prototipe puzzle hanzi untuk pembelajaran menulis hanzi siswa kelas 5 SD Nusaputera Semarang, 3) mengetahui validasi ahli dosen terhadap puzzle hanzi untuk pembelajaran menulis hanzi siswa kelas 5 SD Nusaputera Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil analisis kebutuhan guru pada penelitian ini secara garis besar yaitu menyatakan setuju dengan adanya pengembangan media puzzle hanzi untuk pembelajaran menulis hanzi siswa kelas 5 SD Nusaputera Semarang. Hasil prototipe puzzle hanzi yaitu berbahan dasar kain flanel dengan beberapa warna yang memuat materi kosakata bab 2 (他们俩完全不一样) bagian menulis hanzi. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa puzzle hanzi mendapatkan nilai rata�rata keseluruhan 84,54 yang berarti puzzle hanzi tergolong dalam skor 3 kategori layak/sesuai. Adapun saran perbaikan oleh ahli materi yaitu untuk menjelaskan ukuran media puzzle hanzi dan potongan puzzle.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, puzzle hanzi, menulis hanzi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:38
Last Modified: 11 Jan 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48308

Actions (login required)

View Item View Item