ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH SHANGWU KOUYU UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES


Septiana Nur Azizah, 2404416012 (2020) ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH SHANGWU KOUYU UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH SHANGWU  KOUYU UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA  MANDARIN UNNES] PDF (ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH SHANGWU KOUYU UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang membuka mata kuliah shangwu kouyu (percakapan bisnis) sebagai mata kuliah pilihan untuk mempersiapkan mahasiswanya bekerja di bidang bisnis, mengingat banyaknya proyek Tiongkok yang dinaungi di Indonesia. Agar materi yang dipelajari sesuai dengan apa yang dibutuhkan dilapangan, perlu adanya analisis untuk mengetahui kebutuhan materi shangwu kouyu untuk mahasiswa pendidikan bahasa mandarin Universitas Negeri Semarang, sehingga bisa benar benar diaplikasikan setelah lulus nantinya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan hasil wawancara dengan dosen prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang (2) Untuk mendeskripsikan hasil pengisian angket oleh stake holder dalam bidang bisnis (3) Untuk mendeskripsikan hasil pengisian angket oleh mahasiswa alumni prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang yang bekerja dalam bidang bisnis (4) Untuk mendeskripsikan hasil pengisian angket oleh mahasiswa prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersumber dari Miles dan Huberman. Keabsahan data meggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mahasiswa membutuhkan bahan ajar dengan materi komprehensiv tingkat menengah dan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang sebenarnya (2) stake holder menyatakan ada 8 materi paling utama yang dibutuhkan yaitu materi kunjungan pabrik, materi pertemuan, materi telepon bisnis, materi kontrak kerjasama, materi bersosisalisai, materi acara bisnis, materi perdagangan dan materi surat bisnis (3) alumni menyatakan ada 5 materi paling utama yang dibutuhkan yaitu materi metode pembayaran materi pengiriman barang, materi pengemasan barang, materi ekspor impor, dan materi kontrak kerjasama, serta ada 2 materi tambahan, yaitu materi pajak dan produksi (4) mahasiswa menyatakan ada 5 materi paling utama yang dibutuhkan yaitu materi tentang kontrak kerjasama, materi bersosialisasi, materi telepon bisnis, materi ekspor impor serta materi tentang pemasaran dan layanan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kebutuhan, materi, shangwu kouyu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:30
Last Modified: 11 Jan 2022 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48306

Actions (login required)

View Item View Item