ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH XIANDAI HANYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dewi Mandarin, 2404416011 (2021) ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH XIANDAI HANYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH XIANDAI HANYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS  NEGERI SEMARANG] PDF (ANALISIS KEBUTUHAN MATERI MATA KULIAH XIANDAI HANYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Xiandai Hanyu adalah salah satu mata kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Semarang. Xiandai Hanyu dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Bahasa Mandarin Modern”. Dalam mata kuliah ini membahas materi tentang Bahasa Mandarin yang hingga sekarang ini digunakan sebagai Bahasa nasional China, mulai dari cara pengucapan, penulisan, membaca, pemaknaan, hingga tata bahasa. Pada mata kuliah ini tidak ada buku pegangan untuk mahasiswa, hanya berupa lembar fotokopi dan catatan-catatan, terlebih penyampaian materi menggunakan bahasa mandarin untuk semester dua dan semester tiga membuat mahasiswa merasa kesulitan dalam menerima dan memahami materi. Setiap tahunnya materi mata kuliah Xiandai Hanyu juga berbeda-beda, sesuai dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Oleh karena itu peneliti merasa diperlukan adanya analisis terkait kebutuhan materi tentang mata kuliah Xiandai Hanyu, sehingga dapat diketahui materi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran materi mata kuliah Xiandai Hanyu di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang, mengetahui kebutuhan materi mata kuliah Xiandai Hanyu menurut dosen, dan mengetahui kebutuhan materi mata kuliah Xiandai Hanyu menurut mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Lalu untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Gambaran materi mata kuliah Xiandai Hanyu di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang (2) Tidak sesuainya antara tingkat kesulitan materi dan cara penyampaian materi ketika proses pembelajaran, cukup memberikan poin-poin kunci agar lebih mudah di mengerti. (3) Mengetahui apa saja materi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen pada mata kuliah Xiandai Hanyu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kebutuhan, bahan ajar, Xiandai Hanyu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:20
Last Modified: 11 Jan 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48305

Actions (login required)

View Item View Item