KLASIFIKASI KOSAKATA (生词) BAHASA MANDARIN YANG TERMASUK DALAM BAHASA LISAN (口语) DAN BAHASA TULIS (书面语)


Dwi Ayu Wulandari, 2404413003 (2020) KLASIFIKASI KOSAKATA (生词) BAHASA MANDARIN YANG TERMASUK DALAM BAHASA LISAN (口语) DAN BAHASA TULIS (书面语). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KLASIFIKASI KOSAKATA (生词) BAHASA MANDARIN YANG  TERMASUK DALAM BAHASA LISAN (口语) DAN BAHASA TULIS (书面语)] PDF (KLASIFIKASI KOSAKATA (生词) BAHASA MANDARIN YANG TERMASUK DALAM BAHASA LISAN (口语) DAN BAHASA TULIS (书面语))
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bahasa berdasarkan media dan sarananya disampaikan menggunakan dua ragam cara, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulis. Bahasa lisan dan bahasa tulis bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa lisan dan bahasa tulis bahasa Mandarin. Dalam bahasa Indonesia bahasa lisan dan bahasa tulis mempunyai bentuk kosakata yang sama tetapi bahasa lisan dan bahasa tulis bahasa Mandarin mempunyai kosakata yang berbeda. Pengetahuan kosakata bahasa lisan dan bahasa tulis menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Mandarin tetapi masih banyak mahasiswa yang tidak mengetahui tentang klasifikasi bahasa lisan dan tulis dalam bahasa Mandarin. Perbedaan klasifikasi bahasa lisan dan bahasa tulis dalam kamus bahasa Mandarin sering ditemukan tidak sama antara kamus satu dengan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, klasifikasi bahasa lisan dan bahasa tulis merupakan hal yang menarik untuk diketahui. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi kosakata (生词) bahasa lisan (口语) dan bahasa tulis (书 面语) dalam bahasa Mandarin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Objek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Mandarin dan kosakata bahasa Mandarin abjad A sampai M yang terdapat dalam Kamus Praktis Indonesia-Tionghoa Tionghoa-Indonesia, Concise English-Chinese Chinese-English Dictionary, artikel dan jurnal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan kartu data. Hasil penelitian klasifikasi kosakata (生词) bahasa lisan (口语) dan bahasa tulis (书面语) bahasa mandarin abjad A sampai M yang diambil dari Kamus Praktis Indonesia-Tionghoa Tionghoa-Indonesia, Concise English-Chinese Chinese-English Dictionary, artikel dan jurnal 1) ditemukan berjumlah 902 meliputi 277 kosakata 口 语 (kǒuyǔ) dan 625 kosakata 书面语 (shūmiànyǔ). 2) Perbedaan jumlah kosakata yang terdapat pada dua kamus, artikel dan jurnal disebabkan oleh perbedaan penggolongnya dan tidak mempunyai kosakata pembandingnya. 3) Semua kosa kata tunggal bukan berarti merupakan kosakata 口语 (kǒuyǔ) dan semua kosakata ganda bukan berarti kosakata 书面语 (shūmiànyǔ).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: klasifikasi, bahasa lisan (口语), bahasa tulis (书面语)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:09
Last Modified: 11 Jan 2022 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48303

Actions (login required)

View Item View Item