PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN MEDIA BUSA HATI PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SUBAH KABUPATEN BATANG


Dewi Setianingrum, 2401416018 (2020) PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN MEDIA BUSA HATI PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SUBAH KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI  DENGAN MEDIA BUSA HATI PADA SISWA KELAS IX A  SMP NEGERI 2 SUBAH KABUPATEN BATANG] PDF (PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN MEDIA BUSA HATI PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SUBAH KABUPATEN BATANG)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses berkarya seni grafis pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Subah Kabupaten Batang yang jarang dilakukan, padahal berkarya seni grafis perlu dilaksanakan pada pembelajaran seni rupa siswa kelas IX, selain berkarya seni lukis dan patung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran, (2) menganalisis hasil karya seni, dan (3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran seni grafis dengan media busa hati pada siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Subah Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengamatan terkendali, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan media busa hati pada siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Subah dilakukan dalam tiga tahapan meliputi: pertama perencanaan yaitu peneliti dan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari tahap pendahuluan, inti dan penutup. Ketiga yaitu tahap evaluasi pengetahuan, sikap, dan hasil karya. (2) Pembelajaran tersebut menghasilkan 32 karya seni, dengan nilai rata-rata 75,8 dengan kategori cukup. (3) Faktor yang mempengaruhi pembelajaran yaitu: faktor pendukung internal meliputi minat dan sikap siswa, faktor pendukung eksternal meliputi ketersediaan media pembelajaran dan kondisi lingkungan sekolah. Faktor penghambat internal meliputi rasa percaya diri dan kurangnya pengembangan tema oleh siswa, faktor penghambat eksternal meliputi latar belakang pendidikan guru dan permasalahan teknis pada pengolahan bahan berkarya. Penelitian ini memberikan manfaat secara teoritis yaitu sebagai pengembangan media berkarya dan sevagai referensi, sedangkan secara praktis bagi guru sebagai acuan dan motivasi dalam pemilihan media berkarya dan bagi sekolah sebagai acuan untuk mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Grafis Cetak Tinggi dengan Media Busa Hati
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:50
Last Modified: 11 Jan 2022 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48299

Actions (login required)

View Item View Item