TARI HUDOQ SEBAGAI OBJEK BERKARYA SENI LUKIS PROYEK STUDI


Jesita Trisnawati, 2401416013 (2020) TARI HUDOQ SEBAGAI OBJEK BERKARYA SENI LUKIS PROYEK STUDI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TARI HUDOQ SEBAGAI OBJEK BERKARYA SENI LUKIS PROYEK STUDI] PDF (TARI HUDOQ SEBAGAI OBJEK BERKARYA SENI LUKIS PROYEK STUDI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proyek studi ini bertujuan menghasilkan karya seni lukis bercorak respresentatif yang menampilkan subjek Tari Hudoq dalam bentuk visual ragam topeng, kostum, senjata, dan piranti sesaji. Selain itu, melalui subjek Tari Hudoq yang menampilkan visual estetis ragam topeng Hudoq, karya seni lukis ini mengkomunikasikan nilai transcendental Tari Hudq. Karya seni lukis tercipta dengan adanya media berupa bahan, alat, dan Teknik. Penulis menggunakan cat akrilik dan krayon sebagai bahan, Teknik yang digunakan yaitu Teknik sapuan kuas dan pisau palet. Metode berkarya seni lukis melalui konseptualisasi dan visualisasi. Proyek studi ini menghasilkan delapan karya yang berjudul Urung Tonggaep, Urung Tingang, Urung manuk 1, urung manuk 2, Hajoh, Senjata, Sesajen, dan Syarat. Karya penulis mempresentasikan bentuk penghargaan masyarakat Dayak terhadap alamnya yang begitu besar dalam bentuk tari-tarian yang disebut tari Hudoq. Karakteristik ragam topeng yang sangat artistik serta kostum yang dibuat dari alam menjadikan Tari Hudoq ini bersifat magis dan menarik. Penulis menyarankan bagi perupa-perupa khususnya mahasiswa Seni Rupa UNNES yang memilih proyek studi untuk memilih tema kebudayaan Indonesia. Kebudayaan Indonesia sangat kaya dan menarik untuk diangkat sebagai tema berkarya seni. Dengan demikian kita juga turut menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Hudoq, Seni Lukis, Dayak
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NL Theater and Dance
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:44
Last Modified: 11 Jan 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48298

Actions (login required)

View Item View Item