FIGUR AYAH SEBAGAI IDE BERKARYA SENI KOLASE MIX-MEDIA


Fatimatu Zahrok, 2401414042 (2020) FIGUR AYAH SEBAGAI IDE BERKARYA SENI KOLASE MIX-MEDIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FIGUR AYAH SEBAGAI IDE BERKARYA SENI KOLASE MIX-MEDIA] PDF (FIGUR AYAH SEBAGAI IDE BERKARYA SENI KOLASE MIX-MEDIA)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penciptaan seni kolase proyek studi ini yaitu terinspirasi dari pentingnya sosok ayah bagi seorang anak, terkhusus anak perempuan. Penulis ingin mengungkapkan figur seorang ayah yang berharga bagi anaknya melalui sebuah karya seni. Melalui pertimbangan bentuk, warna, sifat dan kecocokan antara bahan satu dengan bahan lainnya untuk menciptakan kombinasi karya estetis yang diungkapkan dalam wujud seni kolase. Atas dasar pertimbangan tersebut, maka tujuan proyek studi ini adalah menciptakan karya seni kolase sebagai perwujudan rasa terimakasih seorang anak kepada ayahnya dalam perpaduan bahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, adanya proyek studi ini diharapkan mampu menginspirasi para seniman agar lebih berinovasi dalam berkarya. Proyek studi ini meliputi proses mengumpulkan dan memvisualisasikan gagasan melalui prosedur: merancang atau mendesain, menentukan dan mengumpulkan alat serta bahan, membuat sketsa pada triplek, mulai menempel bahan yang telah ditentukan berdasarkan sketsa yang telah dibuat, kemudian mem-finishing dengan memasang figura pada setiap karya, dan menjemurnya agar karya dipastikan telah kering. Hasil proyek studi berjumlah 7 buah triplek ukuran 100 cm x 80 cm dan 80cm X120cm dengan bahan utama benang wol berukuran besar dan didukung oleh bahan lainnya. 7 karya kolase tersebut dibuat dengan proses yang relatif sama, yaitu dengan teknik menempel. Perbedaannya adalah pada bahan pendukung yang digunakan, karena setiap karya memiliki bahan pendukung yang berbeda satu sama lain. Pengalaman pegerjaan proyek studi tersebut memiliki nilai kehidupan yang menarik bagi penulis, yakni untuk menjadi berhasil, diperlukan: ketekunan, kesabaran, kreativitas dan etos kerja yang tinggi. Penulis berharap, semoga pengalaman spiritual itu akan bermanfaat untuk kehidupan penulis dan penikmat karya tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Figur Ayah, Kolase, Mix-media
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:36
Last Modified: 11 Jan 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48296

Actions (login required)

View Item View Item