POTRET PAHLAWAN WANITA INDONESIA SEBAGAI SUBJEK DALAM KARYA SENI KOLASE MIX MEDIA


Eva Nida Luthfiana, 2401415019 (2020) POTRET PAHLAWAN WANITA INDONESIA SEBAGAI SUBJEK DALAM KARYA SENI KOLASE MIX MEDIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POTRET PAHLAWAN WANITA INDONESIA SEBAGAI  SUBJEK DALAM KARYA SENI KOLASE MIX MEDIA] PDF (POTRET PAHLAWAN WANITA INDONESIA SEBAGAI SUBJEK DALAM KARYA SENI KOLASE MIX MEDIA)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sejarah kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan wanita Indonesia. Mereka adalah para wanita yang berani untuk keluar dari kodrat kaum wanita pada masa penjajahan, para wanita ini memiliki tekad yang sangat kuat dalam memajukan bangsa dan membuang pola pikir kuno yang mengekang kaum wanita pada masa itu. Sehingga sebagai kaum wanita di masa sekarang ini, kita dapat dengan layak merasakan persamaan hak dan memiliki kebebasan dalam mengolah potensi. Berangkat dari hal tersebut, penulis berinisiatif untuk memvisualisasikan potret pahlawan wanita Indonesia dalam karya seni kolase. Tujuan utama penciptaan karya seni ini adalah untuk menghasilkan tujuh karya seni kolase dengan menjadikan pahlawan wanita Indonesia sebagai subjeknya. Dalam memvisualisasikan subjek, penulis memfokuskan pada area wajah yang dibuat khusus dengan menggunakan warna yang mendekati warna kulit. Pada masing-masing busana tokoh dibuat dengan pewarnaan yang berbeda dari referensi gambar. Penulis memilih untuk memanfaatkan melakukan mix media dari bahan limbah kertas majalah dan kain perca, dengan teknik menggunting dan merekatkan. Fokus utama penulis mengutamakan untuk memadukan motif atau gambar yang terdapat pada bahan yang saling disambungkan hingga tercipta sebuah warna yang baru dengan ataupun tanpa disengaja. Dalam proses berkarya, penulis juga memadukan dengan menggunakan teknik improvisasi, hal tersebut yang menjadikan keunikan tersendiri dimana hasil akhir dari karya yang diciptakan tidak dapat diprediksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pahlawan Wanita Indonesia, Seni Kolase, Mix Media
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:16
Last Modified: 11 Jan 2022 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48293

Actions (login required)

View Item View Item