KERAJINAN ANYAMAN MASYARAKAT DESA SIDOMULYO KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG


Reno Gunawan, 2401415013 (2020) KERAJINAN ANYAMAN MASYARAKAT DESA SIDOMULYO KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KERAJINAN ANYAMAN MASYARAKAT DESA  SIDOMULYO KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN  BATANG] PDF (KERAJINAN ANYAMAN MASYARAKAT DESA SIDOMULYO KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seni anyaman merupakan seni kriya yang menggunakan keterampilan serta kreativitas dalam proses pengerjaannya. Salah satu seni kerajinan adalah kerajinan anyaman bambu yang berada di Dukuh Wonoboyo Desa Sidomulyo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui atau menjelaskan: (1) Bagaimana proses berkarya kerajinan anyaman bambu di Desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang (2) Bagaimana produk anyaman bambu perajin Desa Sidomulyo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berkarya kerajinan anyaman bambu dilihat dari segi bentuk, teknik dan jenis. Sehingga terciptanya produk kerajinan anyaman bambu di antaranya adalah kurungan ayam bambu, kuda kepang, kipas bambu, tampah, entik, besek dan engkrak. Ketujuh produk kerajinan anyaman bambu di Dukuh Wonoboyo dapat dibedakan berdasarkan tipe atau klasifikasi berdasarkan fungsinya yaitu (1) alat dapur (entik, besek dan tampah) (2) alat rumah tangga (kipas bambu dan engkrak) (3) alat peternakan (kurungan ayam) (4) alat properti tari (kuda kepang). Saran yang diberikan oleh peneliti kepada perajin anyaman bambu di desa Sidomulyo agar dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menghasilkan produk anyaman bambu, sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi baru pada anyaman bambu. Pemerintahan Kabupaten Batang sebaiknya memberikan sosialisasi dan dukungan kepada para perajin anyaman bambu di desa Sidomulyo sehingga produk anyaman bambu dapat dijual di pasar lokal, nasional dan internasional

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anyaman Bambu, Proses, Desa Sidomulyo
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:10
Last Modified: 11 Jan 2022 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48292

Actions (login required)

View Item View Item