Ilustrasi Vinyet Shio sebagai Inspirasi Berkarya Seni Batik Tulis Kontemporer


Riskhana, 2401415002 (2021) Ilustrasi Vinyet Shio sebagai Inspirasi Berkarya Seni Batik Tulis Kontemporer. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ilustrasi Vinyet Shio sebagai Inspirasi Berkarya Seni Batik Tulis  Kontemporer] PDF (Ilustrasi Vinyet Shio sebagai Inspirasi Berkarya Seni Batik Tulis Kontemporer)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pembuatan Batik Tulis Kontemporer ini terinspirasi dari simbol binatang pada Zodiac Cina/ Shio sebagai subjek/ figur utama dengan memadukan gambar hiasan yang memiliki unsur dekoratif tinggi yang biasa disebut Ilustrasi Vinyet sebagai subjek kedua. Dalam proyek studi ini penulis tertarik mengangkat dua belas simbol binatang pada Zodiac Cina/ Shio secara visual dengan menerapkannya dalam sebuah karya Batik Tulis Kontemporer. Atas dasar tersebut tujuan dibuatnya proyek studi ini yaitu mengenalkan dan melestarikan sebuah tradisi masyarakat Cina yang memang sudah ada sejak dulu dan sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, dengan memvisualkan lewat karya seni Batik Tulis yang merupakan suatu budaya di Indonesia. Pada proyek studi ini penulis mencoba membuat pembaharuan mengenai batik dengan mengemas konsep baru. Dengan menghadirkan gambar ilustrasi vinyet yang kaya akan ornamentalnya dan hasil dari karya batik ini merupakan karya murni yang disajikan dalam bentuk hiasan dinding. Pada tahapan pembuatan batiknya terbagi atas proses pengumpulan gagasan dan proses memvisualisasikan gagasan melalui proses: mendesain, nglowongi, nyumiki, nemboki, pewarnaan, pelorodan, dan finishing. Proyek studi ini menghasilkan 12 karya Batik dengan ukuran 65 cm x 60 cm yang sudah diproses finishing yaitu di frame. Kedua belas karya batik ini yaitu Shio Tikus, Shio Kerbau, Shio Macan, Shio Kelinci, Shio Naga, Shio Ular, Shio Kuda, Shio Kambing, Shio Monyet, Shio Ayam, Shio Anjing, Dan Shio Babi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi Vinyet, Shio, Batik Tulis Kontemporer
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:01
Last Modified: 11 Jan 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48291

Actions (login required)

View Item View Item