PROBLEMATIKA MODEL FOTOGRAPI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS


Alvian Firmansah, 2401413011 (2020) PROBLEMATIKA MODEL FOTOGRAPI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROBLEMATIKA MODEL FOTOGRAPI SEBAGAI  SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS] PDF (PROBLEMATIKA MODEL FOTOGRAPI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA SENI LUKIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap model wanita memiliki problematika hidup yang harus ditutupi dalam proses pemotretan dan harus menampilkan sisi wanita dengan penuh pesona, cantik, percaya diri, cerdas, mengikuti trend gaya hidup, berpenampilan menarik dan sempurna. Oleh karena itu, model wanita dalam fotographi dapat menjadi sumber inspirasi dalam lukisan. Tujuan proyek studi ini adalah untuk menghasilkan lukisan dengan media kanvas yang terinspirasi dari model wanita fotographi yang memiliki beragam problematika hidup. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya seni lukis ini adalah indiirect method (metode tak langsung) yaitu metode pembuatan karya seni lukis yang dikerjakan melalui tahapan-tahapan tertentu. Bahan dan alat yang digunakan yaitu meliputi cat akrilik, plamir, kanvas, spanram, air dan binder. Proses penciptaan karya meliputi pencarian ide, visualisasi gagasan, pembuatan sket dasar, pemberian warna pada subyek, membuat bacground, menggores cat, pemberian sentuhan akhir dan finishing. Hasil penciptaan karya seni lukis ini yaitu (1) lukisan yang terinspirasi dari model wanita fotographi melalui media kanvas ini mampu mencerminkan ekspresi dengan beragam problematika hidupnya baik sebagai seorang wanita biasa maupun sebagai model yang hidup penuh glamorisme dengan penuh pesona, cantik, percaya diri, cerdas, mengikuti trend gaya hidup, berpenampilan menarik dan sempurna. (2) terdapat tujuh karya seni lukis yang dibuat dengan ukuran kanvas (dari ukuran terkecil 100 cm x 80 cm hingga 150 cm x 105 cm) dengan judul musuh dalam selimut, murahan, materialistis, alkohol, hatinya tak secantik wajahnya, sisi gelap, dan kesucian yang digadaikan. Karya tersebut bersifat realis sebagai bentuk visualisasi problematika model wanita fotographi. Kesan realis yang dihasilkan dari penggunaan media cat akrilik memiliki makna atau sebagai simbol dari kondisi model wanita fotographi yang sedang dialaminya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problematika Model, Fotographi, Inspirasi, Seni Lukis
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:47
Last Modified: 11 Jan 2022 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48288

Actions (login required)

View Item View Item