GAMBARAN PERJALANAN DALAM ROMAN LE TOUR DU MONDE EN 80 JOURS DALAM PERSPEKTIF TRAVEL WRITING CARL THOMPSON


Evan Hadi Subroto, 2311416023 (2021) GAMBARAN PERJALANAN DALAM ROMAN LE TOUR DU MONDE EN 80 JOURS DALAM PERSPEKTIF TRAVEL WRITING CARL THOMPSON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GAMBARAN PERJALANAN DALAM ROMAN LE TOUR DU MONDE EN  80 JOURS DALAM PERSPEKTIF TRAVEL WRITING CARL THOMPSON] PDF (GAMBARAN PERJALANAN DALAM ROMAN LE TOUR DU MONDE EN 80 JOURS DALAM PERSPEKTIF TRAVEL WRITING CARL THOMPSON)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Roman Le Tour du Monde en 80 Jours mengisahkan tentang seorang laki-laki kaya bernama Phileas Fogg. Dia berencana untuk mengelilingi dunia selama 80 hari dengan pelayan setianya, Passepartout. Nahasnya, teman-teman Fogg tidak percaya akan rencananya, sehingga mereka bertaruh sebesar 20.000 pound. Selama perjalanannya, Fogg selalu dibuntuti oleh Fix, seorang detektif yang mencurigainya sebagai pencuri uang Bank Inggris. Akibat kecurigaan detektif tersebut, perjalanan Fogg terganggu sampai tak ada bukti yang menjeratnya. Pada akhirnya, Fogg dapat mengelilingi dunia sekaligus memenangkan taruhan dari teman-temannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teori travel twriting untuk menganalisisis roman Le Tour du Monde en 80 Jours. Konsep yang digunakan adalah, Revealing The Self, Representing The Others, dan Reporting The World. Sumber data utama yaitu dari novel Around The World In 80 Days karya Jules Verne. Fokus penelitian ini adalah representasi karakter berdasarkan unsur intrinsik dalam roman yang menghadapi perbedaan sosial budaya dari setiap negara yang ia kelilingi. Kemudian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persamaan dan perbedaan antar unsur intrinsik, menjelaskan gambaran diri pengarang terhadap perjalanan Fogg, dan mendeskripsikan budaya daerah yang telah dikunjungi oleh tokoh utama. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ialah Phileas Fogg sebagai cerminan Jules Verne terindekfikasi sebagai gambaran orang inggris kalangan atas yang ditampilkan dalam setiap perjalanannya dikarenakan sikap kaku tetapi peduli terhadap sekitarnya. Selain itu, kita dapat melihat sisi lain dari setiap budaya yang ada disetiap negara yang dikunjungi Fogg dan mendapatkan motivasi-motivasi dari peristiwa dan kejadian yang ditemui selama perjalanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Le Tour du Monde en 80 Jours, Travel Writing, Revealing The Self, Representing The Others, Reporting The World
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:38
Last Modified: 11 Jan 2022 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48286

Actions (login required)

View Item View Item