DEIKSIS PERSONAL DALAM ROMAN LE PETIT PRINCE KARYA ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY


Fransiski Maya Paramita, 2311415047 (2020) DEIKSIS PERSONAL DALAM ROMAN LE PETIT PRINCE KARYA ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DEIKSIS PERSONAL DALAM ROMAN LE PETIT PRINCE KARYA  ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY] PDF (DEIKSIS PERSONAL DALAM ROMAN LE PETIT PRINCE KARYA ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Deiksis adalah penunjukkan pada sebuah acuan tau biasa disebut referen. Deiksis termasuk bagian dari pragmatik. Deiksis dapat ditemukan dalam berbagai karya sastra. Adanya deiksis dalam karya sastra mempermudah penutur maupun mitra tutur dalam menunjukkan referen dalam sebuah tuturan. Le Petit Prince adalah roman anak yang sarat amanat bagi orang dewasa yang ditulis oleh Antoine De Saint-Exupéry menggunakan bahasa sederhana dan digunakan juga sebagai bahan pengajaran bahasa Prancis. Tokoh-tokoh dalam roman ini dibuat berbicara dalam dialog yang singkat sehingga tidak terjadi banyak pengulangan pronomina pada referen yang dimaksud. Permasalahan dalam penelitian ini adalah deiksis personal dalam roman Le Petit Prince dengan teori deiksis dari George Yule. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuktikan adanya deiksis personal dalam roman Le Petit Prince. Data dalam penelitian ini berupa pronomina dan kalimat yang terdapat dalam penggalan wacana dalam roman Le Petit Prince. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik sadap, teknik simak bebas libas cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian ini adalah ditemukan banyak deiksis personal di dalam roman Le Petit Prince dan deiksis personal yang paling sering muncul adalah deiksis personal orang pertama meskipun di dalamnya tidak diberi banyak dialog oleh sang penulis. Peneliti berharap peneliti selanjutnya bisa melanjutkan penelitian ini dengan meneliti deiksis tempat dan deiksis waktu, khususnya mahasiswa program studi Sastra Prancis dengan menggunakan karya sastra anak dan teori deiksis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deiksis, Referen, Pragmatik, Le Petit Prince
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:28
Last Modified: 11 Jan 2022 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48284

Actions (login required)

View Item View Item