KATEGORI, JENIS PENGGUNAAN DAN FUNGSI DEIKSIS DALAM SERIAL KOMIK ASTÉRIX 300 : LA GALÈRE D’OBÉLIX KARYA R. GOSCINNY & A. UDERZO


Esti Husnul Hayati, 2311415026 (2021) KATEGORI, JENIS PENGGUNAAN DAN FUNGSI DEIKSIS DALAM SERIAL KOMIK ASTÉRIX 300 : LA GALÈRE D’OBÉLIX KARYA R. GOSCINNY & A. UDERZO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KATEGORI, JENIS PENGGUNAAN DAN FUNGSI DEIKSIS  DALAM SERIAL KOMIK ASTÉRIX 300 : LA GALÈRE  D’OBÉLIX KARYA R. GOSCINNY & A. UDERZO] PDF (KATEGORI, JENIS PENGGUNAAN DAN FUNGSI DEIKSIS DALAM SERIAL KOMIK ASTÉRIX 300 : LA GALÈRE D’OBÉLIX KARYA R. GOSCINNY & A. UDERZO)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam pragmatik, hubungan antara bahasa dan konteks dalam struktur bahasa itu sendiri dapat tercermin melalui fenomena deiksis. Deiksis tidak hanya muncul dalam komunikasi sehari-hari, tetapi juga pada karya sastra tulis seperti komik. Seperti pada serial Astérix 30 0 : La Galère d'Obélix karya R. Goscinny & A. Uderzo yang merupakan komik berbahasa Prancis. Para pembaca yang bukan penutur asli bahasa Prancis terkadang mengalami kesulitan untuk memahami sebuah cerita atau menafsirkan maksud dari sebuah percakapan karena kurangnya pemahaman terhadap kategori deiksis, jenis penggunaan ekspresi deiktik dan fungsi dari masing-masing tuturan yang mengandung leksikon deiksis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan itu semua. Teori yang digunakan adalah teori deiksis menurut Fillmore dan teori fungsi bahasa menurut Roman Jakobson. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan teoretis (pragmatik) dan pendekatan metodologis (kualitatif). Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak, teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Sedangkan pada proses analisis data, peneliti menggunakan metode padan referensial, teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding menyamakan. Temuan yang paling dominan dalam penelitian ini yakni deiksis wacana yang digunakan secara simbolik dan berfungsi referensial. Peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan teori deiksis yang sama dapat menggunakan objek lain di luar karya sastra tulis khususnya komik, agar penelitian kalian lebih menarik dan unik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, Deiksis, Fungsi Bahasa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:21
Last Modified: 11 Jan 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48282

Actions (login required)

View Item View Item